Jokowi Langsung Jajal Jalur Kerta Api Trans Sulawesi 

b44ebb89d7d3ea58c2f606ca509d1408

Jokowi Langsung Jajal Jalur Kerta Api Trans Sulawesi: Pariwisata Baru di Indonesia

Tahun 2021 ini menjadi tahun yang sangat istimewa bagi Indonesia karena salah satu jalur transportasi darat terbaru, Kerta Api Trans Sulawesi, saat ini beroperasi. Jalur transportasi ini menjadi titik krusial bagi sektor pariwisata di Indonesia karena menunjukkan bagaimana kemajuan dalam transportasi dapat membawa dampak positif pada industri pariwisata. Bahkan, Presiden Joko Widodo langsung menguji coba jalur ini pada bulan April lalu dan mengumumkan keberhasilannya melalui media sosialnya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang Jokowi Langsung Jajal Jalur Kerta Api Trans Sulawesi dan seberapa pentingnya peluncuran jalur ini bagi Indonesia. Kami akan menyajikan informasi terbaru mengenai jalur ini dan bagaimana hal ini dapat memberikan pengaruh positif pada ekonomi dan pariwisata Indonesia.

1. Apa itu Kerta Api Trans Sulawesi?

Kerta Api Trans Sulawesi merupakan jalur kereta api darat yang menghubungkan empat provinsi di Sulawesi, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo. Jalur ini mulai beroperasi pada 1 Januari 2021 dengan jarak total sekitar 1.300 km dari ujung selatan hingga ujung utara Sulawesi. Dalam satu pelayanan Kerta Api Trans Sulawesi, penumpang dapat mengunjungi sejumlah kota besar, baik itu dari Segitiga Emas Sulawesi, Surabaya, Jakarta, Semarang, dan Malang.

2. Bagaimana proses pembangunan jalur ini?

Proses pembangunan jalur ini memakan waktu sangat lama. Ide untuk membangun jalur kereta api sudah muncul sejak zaman penjajahan Belanda. Pada masa pemerintahan Jenderal Abdul Haris Nasution, pada tahun 1970an, pembangunan jalur kereta Trans Sulawesi diusulkan sebagai bagian dari rencana pemerintah untuk memperkuat konektivitas antarwilayah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi.

Namun, pembangunan jalur ini baru dimulai pada tahun 2009 dan baru selesai pada tahun 2020. Lokasi-punya-punya yang dianggap strategis untuk pembangunan jalur kereta meliputi Pasoso, Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi), Banten dan Tegal.

3. Bagaimana perjalanan dari ujung selatan hingga ujung utara?

Perjalanan Kerta Api Trans Sulawesi diawali dari Makassar, Sulawesi Selatan. Penumpang dapat menikmati pemandangan Pantai Losari dan pasar tradisional yang ada di kawasan ini. Selanjutnya, kereta api akan melewati kota-kota seperti Parepare, Palopo, dan Rantepao yang terkenal dengan keindahan alamnya seperti kebun apel, tanah kelahiran Toraja, dan Taman Nasional Lore-Lindu.

Setelah itu, kereta akan melintasi kota Kendari dan sejumlah tempat wisata di sekitarnya, termasuk Danau Tempe, Objek Wisata Sombori, dan Pantai Nambo. Kemudian, kereta akan melewati Gorontalo yang terkenal dengan Tugu Likuefou dan Carstensz Pyramid, yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Selanjutnya, kereta akan mengakhiri perjalanan di Manado, Sulawesi Utara.

4. Bagaimana dampaknya pada sektor pariwisata?

Peluncuran Kerta Api Trans Sulawesi memiliki dampak yang positif pada sektor pariwisata. Selain membuka aksesibilitas ke sejumlah tempat wisata baru di Sulawesi, jalur kereta ini juga menawarkan pengalaman baru bagi wisatawan dalam berlibur. Selain itu, dengan beroperasinya kereta ini, masyarakat setempat juga dapat menikmati keuntungan ekonomi.

Meskipun COVID-19 memperburuk situasi pariwisata di seluruh dunia, peluncuran Kerta Api Trans Sulawesi ini tetap menjadi kabar baik bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang tinggal di Sulawesi dan sekitarnya. Dengan jalur kereta api ini, sektor pariwisata di Indonesia dapat pulih dengan lebih cepat.

5. Apa saja tempat wisata yang dapat dikunjungi di sepanjang rute Kerta Api Trans Sulawesi?

Kerta Api Trans Sulawesi melewati sejumlah tempat wisata yang menarik di Sulawesi. Ada banyak tempat-tempat indah yang mungkin belum dikenal sebelumnya oleh banyak orang. Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di sepanjang rute Kerta Api Trans Sulawesi antara lain:

– Pantai Losari Makassar
– Tana Toraja
– Kebun Apel Batutumonga
– Air Terjun Lembah Ke’te Kesu’
– Kepulauan Una Una
– Danau Tempe
– Taman Wisata Alam Lore Lindu
– Teluk Tomini
– Pantai Nambo
– Bukit Kasih

6. Bagaimana aksesibilitas ke tempat wisata?

Dengan Kerta Api Trans Sulawesi, aksesibilitas ke sejumlah tempat wisata di Sulawesi menjadi lebih mudah dan lebih terjangkau. Penumpang dapat memilih destinasi wisata yang akan dikunjungi dan membeli tiket kereta api ke stasiun terdekat dengan tempat tersebut.

Setelah sampai di stasiun, penumpang dapat menyewa kendaraan atau mengambil angkutan umum untuk mencapai tempat wisata pilihan mereka. Jika memungkinkan, wisatawan dapat berjalan kaki untuk menemukan sejumlah tempat wisata.

7. Berapa harga tiket kereta api Kerta Api Trans Sulawesi?

Harga tiket kereta api Kerta Api Trans Sulawesi bervariasi tergantung pada rute, kelas, dan waktu keberangkatan. Ada empat kelas yang tersedia untuk penumpang, yakni Eksekutif, Bisnis, Ekonomi Premium, dan Ekonomi.

Untuk informasi lebih jelas mengenai harga tiket kereta api Kerta Api Trans Sulawesi, penumpang dapat mengecek di situs resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI). Anda juga dapat secara langsung mendatangi stasiun terdekat untuk membeli tiket.

8. Apa saja fasilitas kereta api Kerta Api Trans Sulawesi?

Kereta api Kerta Api Trans Sulawesi menyediakan berbagai jenis fasilitas bagi penumpang selama perjalanan, di antaranya: toilet, rak bagasi, power outlet, layar sentuh, wifi gratis, dan masih banyak lagi.

Kereta api ini juga dilengkapi dengan daftar makanan dan minuman yang cukup beragam untuk memenuhi selera yang berbeda. Penumpang dapat memilih antara hidangan nusantara hingga hidangan barat dan minuman yang menenangkan selama perjalanan.

9. Kesimpulan

Peluncuran Kerta Api Trans Sulawesi menunjukkan bagaimana infrastruktur dan transportasi yang baik dapat meningkatkan ekonomi dan sektor pariwisata di Indonesia. Dengan menjangkau sejumlah tempat wisata yang belum banyak dikenal, jalur ini membuka peluang baru bagi masyarakat lokal dan wisatawan yang bersedia menjelajahi negeri sendiri. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Sulawesi dengan Kerta Api Trans Sulawesi.

Akhirnya, Kerta Api Trans Sulawesi dapat menjadi alternatif yang baik bagi wisatawan yang sedang mencari tempat wisata baru dan segar. Peluncuran jalur ini dapat membantu mempecahkan masalah kesenjangan antara daerah urban dan rural di Indonesia. Jadi, ayo berlibur ke Sulawesi dan menikmati keindahan alam yang belum banyak digali!