4 Tips Merawat Audio Mobil, Nomor 3 Sering Diabaikan : Okezone Otomotif

4 tips merawat audio mobil nomor 3 sering diabaikan EYEuqTGJcN

Tips Terbaru untuk Merawat Audio Mobil agar Lebih Awet

Ingin menikmati perjalanan dengan audio mobil yang nyaman dan berkualitas? Pastikan Anda merawatnya dengan benar. Terdapat beberapa tips yang sering diabaikan, yang bisa membuat kualitas suara audio mobil menurun. Apa saja tips tersebut, yuk simak selengkapnya.

1. Membersihkan Audio Mobil

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan audio mobil secara berkala. Kenapa? Karena debu, kotoran dan bulu binatang bisa menempel pada speaker dan merusak kualitas suara. Gunakan sikat halus atau lap bersih untuk membersihkan debu dan kotoran di area speaker, amplifier dan kabelnya.

Namun, hindari membersihkan speaker menggunakan air karena dapat merusak komponen elektronik dalam speaker. Jika speaker terlalu kotor, Anda bisa membawanya ke toko audio mobil untuk dibersihkan secara profesional.

2. Pilih Head Unit yang Sesuai

Pastikan head unit yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan. Jangan hanya membeli head unit karena murah atau karena merek tertentu. Dalam memilih head unit yang sesuai, pertimbangkan beberapa faktor seperti fitur, daya output, dan kecocokan dengan mobil Anda. Sebagai contoh, mobil dengan speaker yang memiliki RMS tinggi membutuhkan head unit yang memiliki daya output yang cukup besar.

3. Perhatikan Kabel Audio Mobil

Kabel audio mobil adalah salah satu bagian penting dalam sistem audio mobil. Perhatikan pemilihan kabel audio yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan membeli kabel murah yang bisa merusak kualitas suara.

Pastikan kabel audio mobil terpasang dengan rapat dan terhindar dari suhu yang terlalu panas. Selain itu, hindari menempatkan kabel audio di dekat kabel listrik atau kabel komunikasi lain yang dapat menganggu sinyal audio.

4. Jangan Overload Audio Mobil

Overload pada audio mobil bisa merusak komponen-komponen dalam sistem audio mobil seperti speaker, amplifier, dan head unit. Jangan mengatur volume audio terlalu tinggi dan jangan memasukkan bass dan treble pada level maksimal. Pastikan setting audio mobil sesuai dengan kondisi perjalanan, seperti mengurangi bass saat berkendara di jalanan yang berlubang atau ketika melewati polisi tidur.

5. Perhatikan Kualitas Audio Mobil

Kualitas suara audio mobil tergantung pada berbagai faktor seperti kualitas speaker, amplifier, dan head unit. Pastikan Anda memilih produk audio mobil yang berkualitas baik. Pilih speaker dan amplifier yang sesuai dengan kebutuhan mobil Anda. Selain itu, pastikan juga head unit yang Anda pilih mendukung format audio yang ingin Anda gunakan.

6. Gunakan Sound Deadening

Sound deadening atau penyerap suara berfungsi mengurangi getaran dan suara dari luar. Sound deadening bisa membantu meningkatkan kualitas suara audio mobil. Pasang sound deadening pada area yang bergetar seperti pintu mobil, bagasi dan kap mesin.

7. Pasang Equalizer

Equalizer adalah alat yang digunakan untuk memperbaiki kualitas suara audio. Dengan equalizer, Anda bisa memperbaiki suara audio agar lebih seimbang. Pasang equalizer pada audio mobil Anda untuk memperbaiki kualitas suara.

8. Pasang Crossover

Crossover adalah alat yang digunakan untuk membagi frekuensi audio menjadi beberapa channel. Dengan crossover, Anda bisa membagi suara audio menjadi frekuensi yang lebih rendah dan lebih tinggi. Hal ini bisa membantu meningkatkan kualitas suara audio mobil Anda.

9. Gunakan Aplikasi Streaming Musik

Aplikasi streaming musik seperti Spotify, Apple Music atau Joox bisa membantu meningkatkan kualitas suara audio mobil. Aplikasi ini menawarkan opsi untuk meningkatkan kualitas audio yang dihasilkan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memutar lagu dengan kualitas audio yang lebih baik.

10. Hindari Menggunakan Audio Mobil Saat Parkir

Meskipun audio mobil bisa diputar saat mobil dalam kondisi parkir, namun sebaiknya hindari menggunakan audio mobil saat mobil sedang parkir atau saat mesin mobil mati. Hal ini bisa memperpendek usia baterai mobil karena kelebihan beban. Jika ingin mendengarkan musik, gunakan speaker mobil atau earphone.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips terbaru untuk merawat sistem audio mobil agar lebih awet dan berkualitas. Dalam memilih produk audio mobil, pastikan Anda memilih yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan audio mobil secara berkala dan jangan overload suara audio. Dengan merawat sistem audio mobil dengan baik, Anda bisa menikmati perjalanan dengan kualitas suara yang baik dan nyaman.