Helm Aleix Espargaro Menggunakan Teknologi MIPS, Apa yang Dimaksud dengan Itu? – Dmarket.co.id

Helm Aleix Espargaro Menggunakan Teknologi MIPS Apa yang Dimaksud dengan

Helm Aleix Espargaro Pakai Teknologi MIPS, Apa Itu?

Teknologi dalam otomotif kini semakin berkembang dengan pesat, termasuk juga dalam dunia balap motor. Salah satunya adalah teknologi MIPS yang digunakan pada helm pembalap MotoGP, Aleix Espargaro. Teknologi tersebut merupakan sejenis proteksi tambahan pada bagian kepala untuk melindungi otak dari benturan yang terjadi ketika terjatuh saat balapan.

Apa itu Teknologi MIPS?

MIPS (Multi-directional Impact Protection System) adalah teknologi pelindung kepala dengan rancangan yang unik. Teknologi ini menggabungkan material yang sangat ringan dan pola yang diatur sedemikian rupa untuk memberikan perlindungan terbaik pada kepala. Perangkat ini dapat meminimalkan kerusakan akibat benturan yang tidak hanya terjadi dari atas ke bawah, tetapi juga dari setiap sudut, yang sering kali menjadi penyebab cedera serius pada kepala.

Bagaimana Teknologi MIPS Bekerja pada Helm?

Teknologi MIPS menggunakan lapisan penyangga dalam helm yang terdiri atas polistiren dengan beberapa panel elastis yang menghubungkan dua lapisan tersebut. Teknologi tersebut diciptakan untuk membuat suatu permukaan yang bergerak diantara lapisan penyerap dan kepala untuk mengurangi tekanan saat terjadi benturan angin atau arah lain. Saat helm mengalami benturan, lapisan ini akan bergerak bebas dan membantu mengurangi kerusakan pada otak atau kepala oleh benturan tersebut.

Apa Fungsi dari Teknologi MIPS?

Dalam balap Sepeda Motor, kecepatan yang tinggi dan benturan yang kuat dapat menyebabkan berbagai cedera pada kepala pembalap. Helm yang menggunakan teknologi MIPS memiliki kemampuan untuk mengurangi kerusakan otak dan cedera kepala yang seringkali terjadi saat akhir pekan balap. Dengan teknologi yang canggih ini, pembalap MotoGP dapat merasa lebih aman dan terlindungi saat terjadi benturan pada kepala mereka.

Siapa Aleix Espargaro dan Kepakaiannya?

Aleix Espargaro atau lengkapnya Aleix Espargaró Villà merupakan pembalap MotoGP yang berasal dari Spanyol. Dia merupakan salah satu dari sekian pembalap yang menggunakan helm yang menggunakan teknologi MIPS. Aleix Espargaro sangat memperhatikan keselamatan saat membalap, dan hal ini terlihat dari kepercayaannya dalam memilih helm yang memiliki lapisan penambah perlindungan pada bagian kepala.

Apa Keuntungan dari Penggunaan Helm dengan Teknologi MIPS?

Dalam penggunaan teknologi MIPS pada helm yang digunakan oleh pembalap MotoGP, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh. Selain memberikan perlindungan ekstra pada otak dan membantu mengurangi risiko cedera kepala ketika terjadi benturan, teknologi ini juga dapat membantu memperkecil tingkat cedera akibat benturan yang terjadi pada helm. Dengan menggunakan helm yang dilengkapi teknologi ini, pembalap dapat merasa lebih aman dan fokus pada performa balapan mereka.

Bagaimana Dampak Helm Berkelas Tinggi pada Percaya Diri Pembalap?

Helm balap kelas tinggi yang menggunakan teknologi yang canggih seperti MIPS dapat memberikan dampak psikologis kepada pembalap. Pembalap akan merasa lebih percaya diri dan nyaman saat membalap. Dengan helm yang memberikan perlindungan ekstra pada kepala, pembalap bisa memfokuskan diri untuk memaksimalkan performa mereka tanpa khawatir akan cedera yang mungkin terjadi saat kecelakaan terjadi.

Bagaimana Proses Produksi Helm dengan Teknologi MIPS?

Proses produksi helm dengan teknologi MIPS dimulai dengan pembuatan lapisan penyangga tambahan pada bagian kepala helm menggunakan pollicorretano (EPS). Setelah itu, panel elastis yang terbuat dari bahan poliestere ditempatkan di atas lapisan penyangga. Tahap selanjutnya adalah meletakkan lapisan penyerap ke dalam helm, dengan cara menjepit panel elastis dengan sekrup agar dapat menahan semua lapisan dan membuat komponen helm menjadi satu kesatuan. Proses selanjutnya adalah penyelesaian finishing dengan dilakukan dengan hati-hati dan mengikuti prosedur konvensional dari produk helm pada umumnya.

Apa yang Membuat MIPS menjadi Teknologi Unggulan?

MIPS merupakan teknologi yang inovatif dan menjadi pilihan untuk beberapa macam helm untuk keperluan balap. Balap Sepeda Motor merupakan jenis olahraga yang membutuhkan perlindungan yang baik pada bagian kepala seorang pembalap dan perlindungan yang dimiliki oleh teknologi MIPS cukup menjawab kebutuhan akan perlindungan yang baik pada balap motor.

Bagaimana Cara Merawat Helm dengan Teknologi MIPS?

Untuk memastikan helm dengan teknologi MIPS tetap aman dan awet, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawatnya. Pertama, setelah pemakaian, bersihkan helm dengan cara membersihkannya dengan sabun ringan dan air hangat. Selanjutnya, hindari membiarkan helm terkena sinar matahari langsung, dan jangan merangsang helm terlalu keras atau terlalu tinggi. Pastikan helm disimpan di tempat yang aman dari hama atau binatang lain yang dapat merusaknya.

Kesimpulan

Penerapan teknologi MIPS pada helm balap motor sangat membantu dalam melindungi kepala pembalap dari cedera. Pembalap MotoGP yang memilih untuk menggunakan helm yang dilengkapi teknologi ini mengalami manfaat besar dalam hal perlindungan dan juga dampak psikologis. Dengan teknologi yang canggih ini, pembalap bisa melepaskan rasa takut dan lebih fokus pada performa balapan mereka. Bagi pembalap, perlindungan tapi tetap memiliki kecepatan dan kemampuan serta performa yang mumpuni adalah sesuatu yang sangat penting, dan hal tersebut bisa didapatkan dengan menggunakan helm balap dengan teknologi MIPS.

Original Post By Dmarket

Exit mobile version