Kades Batang Bangun Bangun Kantor Desa 8 Lantai Tanpa Biaya Pemerintah.

Kades Batang Bangun Bangun Kantor Desa 8 Lantai Tanpa Biaya

Tanpa Sokongan Dana Pemerintah, Kades di Batang Bangun Kantor Desa 8 Lantai

Pada tahun 2017, sebuah berita tentang sebuah desa yang berhasil membangun kantor desa sebanyak 8 lantai tanpa mendapatkan sokongan dana dari pemerintah menjadi viral. Desa tersebut adalah Desa Batang yang terletak di Kecamatan Bangun, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Ternyata, hingga saat ini, kantor desa tersebut masih berdiri kokoh dan berfungsi sebagai pusat aktivitas pemerintahan desa. Apa rahasia kesuksesan pembangunan kantor desa tersebut?

Tidak Memandang Sumber Dana

Kepala Desa Batang, Asep Supriatna, mengatakan bahwa untuk membangun kantor desa sebanyak 8 lantai tersebut, mereka tidak memandang sumber dana. Mereka menggunakan sumber dana yang terbatas dari masyarakat dan swadaya desa. Menurut Asep, seluruh warga desa sangat antusias dalam membantu pembangunan kantor desa tersebut, sehingga bisa memperoleh sumber dana yang cukup.

Gotong Royong

Selain swadaya desa, gotong royong juga menjadi kunci sukses dalam membangun kantor desa 8 lantai tersebut. Setiap warga desa turut serta dalam pembangunan kantor desa, mulai dari menyumbangkan tenaga, material atau uang. Bahkan, beberapa warga rela membantu tanpa mengambil bayaran apapun.

Manajemen Pembangunan yang Baik

Kepala Desa Batang mempunyai manajemen pembangunan yang baik, sehingga pembangunan kantor desa dapat berjalan dengan lancar. Asep mampu memimpin pembangunan tersebut dengan baik, serta mengatasi berbagai masalah yang muncul saat pembangunan.

Desain yang Efisien

Selain faktor manusia, desain bangunan juga merupakan faktor penting dalam pembangunan kantor desa tersebut. Desain yang efisien dalam penggunaan ruang dan material sangat diperlukan agar bangunan dapat dibangun dengan biaya yang rendah. Selain itu, desain yang efisien juga dapat meningkatkan produktivitas pekerja di dalam kantor desa.

Pemanfaatan Teknologi

Desa Batang juga memanfaatkan teknologi dalam pembangunan kantor desanya. Mereka berhasil memanfaatkan batu bata ramah lingkungan dari limbah sawit untuk digunakan sebagai material utama pembangunan kantor desa. Hal ini sangat membantu dalam menghemat biaya pembangunan.

Tenaga Ahli yang Terlibat

Tenaga ahli yang terlibat dalam pembangunan juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan pembangunan kantor desa 8 lantai tersebut. Para ahli tersebut tidak hanya untuk merancang desain, namun juga memberikan masukan tentang material bangunan yang tepat dan cara penggunaannya.

Berkomitmen untuk Membangun Desa

Tujuan utama dari pembangunan kantor desa 8 lantai tersebut adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. Oleh karena itu, Kepala Desa Batang dan segenap warganya sangat komitmen untuk membangun desa yang lebih baik.

Tips untuk Desa Lain Mengikuti Jejak Desa Batang

Untuk desa lain yang ingin mengikuti jejak Desa Batang, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Membentuk tim yang solid dan terfokus pada tujuan.
2. Memperoleh dukungan masyarakat dan pemerintah.
3. Memanfaatkan teknologi dan material terbaru yang ramah lingkungan.
4. Mengerjakan pembangunan dengan gotong royong dan antusiasme tinggi.

Kesimpulan

Desa Batang membuktikan bahwa kesuksesan pembangunan tidak hanya ditentukan oleh besarnya dana, namun juga kerja keras dan konsistensi dalam melaksanakan pembangunan. Kepala Desa Batang beserta warganya membuktikan bahwa kualitas manusia dan kebersamaan untuk membangun sangat penting dalam membangun desa yang lebih baik.

Original Post By Dmarket