Berita  

Komisi VII DPR Menghargai Usaha PLN dalam Mengurangi Emisi Karbon

Komisi VII DPR Menghargai Usaha PLN dalam Mengurangi Emisi Karbon

Komisi VII DPR Apresiasi Upaya PLN dalam Kurangi Emisi Karbon

PLN (Perusahaan Listrik Negara) merupakan salah satu perusahaan penyedia listrik terbesar di Indonesia. Sebagai perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), PLN memiliki peran penting dalam menyediakan kebutuhan listrik bagi masyarakat Indonesia. Namun, produksi listrik yang menggunakan bahan bakar fosil juga berdampak negatif terhadap lingkungan, terutama dalam hal emisi karbon.

Menyadari dampak negatif tersebut, PLN telah mengambil berbagai upaya untuk mengurangi emisi karbon dalam rangka mendukung upaya mitigasi perubahan iklim yang sedang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Upaya tersebut mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Komisi VII DPR.

Salah satu upaya yang signifikan dilakukan oleh PLN adalah dengan meningkatkan penggunaan energi terbarukan dalam produksi listrik. PLN telah mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di berbagai wilayah Indonesia. Dengan menggunakan energi terbarukan, PLN dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang merupakan penyebab utama emisi karbon.

Selain itu, PLN juga melakukan program efisiensi energi dalam operasionalnya. Program ini melibatkan penggunaan teknologi yang lebih modern dan efisien dalam mengelola listrik. Contohnya, PLN menggunakan teknologi cerdas dalam mengatur distribusi listrik, sehingga dapat mengurangi energi yang terbuang sia-sia. Program ini juga melibatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggunakan listrik secara bijak dan hemat.

Dalam upaya mengurangi emisi karbon, PLN juga menyediakan fasilitas pengisian ulang kendaraan listrik. Dengan mempromosikan penggunaan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan, PLN berharap dapat mengurangi penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil yang memiliki emisi karbon tinggi.

Selain upaya di bidang produksi listrik, PLN juga berperan dalam mendukung pengembangan energi terbarukan di Indonesia. PLN menyediakan program insentif bagi produsen energi terbarukan, seperti pengembang panel surya atau pembangkit listrik tenaga angin. Program ini bertujuan untuk mendorong penggunaan energi terbarukan yang dapat mengurangi emisi karbon secara signifikan.

Komisi VII DPR memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya PLN dalam mengurangi emisi karbon. Apresiasi ini diberikan melalui kerjasama antara Komisi VII DPR dan PLN untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan di Indonesia. Diharapkan dengan adanya kerjasama ini, Indonesia dapat menjadi salah satu negara yang berperan aktif dalam upaya mitigasi perubahan iklim global.

Upaya PLN untuk mengurangi emisi karbon juga sejalan dengan target pemerintah Indonesia dalam menekan emisi karbon nasional. Pemerintah Indonesia telah menetapkan target untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29% pada tahun 2030. Dengan kontribusi PLN dalam mengembangkan energi terbarukan, target tersebut diharapkan dapat tercapai dengan lebih mudah.

Melalui berbagai upaya yang dilakukan oleh PLN, diharapkan produksi listrik di Indonesia dapat semakin ramah lingkungan dan berkelanjutan. Penggunaan energi terbarukan yang lebih luas diharapkan dapat mengurangi ketergantungan Indonesia pada bahan bakar fosil dan mengurangi emisi karbon secara signifikan. Dengan demikian, PLN dan Indonesia dapat berperan dalam upaya global dalam mengatasi perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan.

Original Post By Dmarket