Akan Terjadi TMS Jika Status Bacaleg Belum Lengkap

Akan Terjadi TMS Jika Status Bacaleg Belum Lengkap

Jika Belum Lengkap Status Bacaleg Akan TMS: Informasi Terbaru Tahun Ini

Jika Anda merasa belum memenuhi persyaratan administrasi sebagai bakal calon legislatif (bacaleg), Anda patut khawatir. Jika status Anda sebagai bacaleg belum lengkap dan resmi, Anda bisa didiskualifikasi dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai calon legislatif di pemilihan umum (Pemilu) berikutnya.

Bagi Anda yang mendaftar sebagai bacaleg pada pemilihan umum tahun 2019 atau 2020, berikut informasi terbaru tahun ini yang harus Anda ketahui.

1. Apa itu status bacaleg belum lengkap?

Status bacaleg belum lengkap diciptakan sebagai bagian dari sistem pendaftaran pemilu yang lebih canggih dan efisien. Sistem ini dikembangkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengecek kelengkapan berkas para calon legislatif.

Jika kelengkapan berkas Anda sebagai bacaleg tidak memenuhi persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh KPU, maka status Anda akan diberi label “belum lengkap”.

2. Apa saja persyaratan administrasi sebagai bacaleg?

Sebagai bacaleg, Anda harus memenuhi sejumlah persyaratan administrasi untuk dapat didaftarkan secara resmi. Beberapa persyaratan administrasi yang harus Anda penuhi adalah:

– Mempunyai KTP yang masih berlaku dan sesuai dengan daerah pemilihan Anda
– Tidak sedang terlibat dalam masalah hukum
– Mendaftar menjadi anggota partai politik yang Anda wakili
– Membayar iuran partai politik dan biaya administrasi lainnya
– Melengkapi berkas administrasi lainnya, seperti surat keterangan sehat, sertifikat pendidikan, dan lain-lain.

3. Apa dampak jika status bacaleg belum lengkap?

Jika status bacaleg Anda belum lengkap, maka Anda tidak akan dapat ditetapkan sebagai calon legislatif secara resmi. Artinya, Anda tidak akan dapat mencalonkan diri di pemilihan umum selanjutnya.

Dalam hal ini, KPU memberikan batas waktu bagi bacaleg yang statusnya belum lengkap untuk melengkapi persyaratan administrasi selama 14 hari setelah penetapan statusnya oleh KPU. Jika dalam 14 hari tidak dilengkapi, maka bacaleg akan ditetapkan sebagai TMS.

4. Bagaimana cara menghindari status bacaleg TMS?

Untuk menghindari status bacaleg TMS, Anda harus memastikan kelengkapan berkas administrasi Anda sebelum mendaftar sebagai bacaleg. Jika Anda sudah mendaftar sebagai bacaleg dan ternyata berkas Anda belum lengkap, pastikan untuk segera melengkapinya dalam waktu 14 hari.

Selain itu, pastikan juga Anda memahami seluruh persyaratan administrasi yang harus dipenuhi sebagai bacaleg. Jika Anda ragu dengan persyaratan tertentu, sebaiknya tanyakan langsung pada pihak partai atau KPU.

5. Informasi terbaru tentang status bacaleg TMS

Pada Pemilihan Umum Legislatif (Pemilu) 2019, ada sekitar 8.39 persen atau 1.831 dari total 21.637 bakal calon legislatif (bacaleg) yang statusnya tidak lengkap dan akhirnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

KPU memperketat persyaratan administrasi dalam pemilu 2019. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh bacaleg adalah telah terdaftar sebagai anggota partai politik paling lambat 1 Agustus 2018. Banyak bacaleg yang tidak berhasil memenuhi persyaratan tersebut, menjadi alasan utama terjadinya kasus bacaleg TMS.

Kini pada pemilihan umum 2024, KPU menyatakan telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 14 triliun, sebagai persiapan fungsional dan struktural pula termasuk pengembangan dan pembenahan basis data. Saat ini banyak pihak mulai mengusulkan agar persyaratan administrasi menjadi bacaleg lebih mudah dipenuhi oleh calon legeslatif.

Salah satu kontroversi terbaru adalah untuk menghapus persyaratan pernah menjadi anggota partai beberapa waktu lalu. Tujuannya supaya banyak bakal calon yang baru ingin turut di partai dapat ikut serta di Pemilu.

6. Penutup

Mendaftar sebagai bacaleg bukanlah perkara mudah. Anda harus memenuhi berbagai persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh KPU dan partai politik Anda. Pastikan Anda memahami seluruh persyaratan tersebut dan melengkapinya sesegera mungkin agar Anda tidak ditetapkan sebagai TMS.

Meski terkadang persyaratan yang ditetapkan terasa berat, tetapi Anda harus berusaha agar kelengkapan berkas Anda sesuai dengan persyaratan. Karena jika status bacaleg Anda tidak lengkap atau tidak memenuhi persyaratan, maka Anda tidak akan dapat mencalonkan diri sebagai calon legislatif pada pemilihan umum selanjutnya.

Original Post By Dmarket

Exit mobile version