Berita  

Dari Madinah, Anies Berjanji Membawa Misi Keadilan ke Indonesia

Dari Madinah Anies Berjanji Membawa Misi Keadilan ke Indonesia

Dari Madinah, Anies Janji Bawa Misi Keadilan

Pada tahun 2017 lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Madinah untuk bertemu dengan Gubernur Prince Faisal bin Salman dan berdiskusi mengenai pengembangan kota Madinah. Namun, tak hanya sekadar membahas pengembangan kota, Anies juga berjanji untuk membawa misi keadilan dalam kepemimpinannya di Jakarta.

Hal ini sejalan dengan visi misi Anies yang mengusung motto “Jakarta Adil dan Makmur”. Di bawah kepemimpinannya, ia berkomitmen untuk mengedepankan keadilan dan kesetaraan bagi seluruh warga Jakarta. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak yang meragukan janji-janji Anies tersebut.

Namun, pada tahun 2021 ini, dapat dikatakan bahwa Anies telah membuktikan keseriusannya dalam membawa misi keadilan. Hal ini terlihat dari berbagai kebijakan dan program yang dilaksanakan oleh Pemerintah DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies.

Berikut ini adalah beberapa kebijakan dan program dari Pemerintah DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies yang dapat dikatakan mendukung misi keadilan :

1. Program Kartu Jakarta Pintar
Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan biaya pendidikan bagi siswa sekolah di wilayah DKI Jakarta. Dalam program ini, setiap siswa akan diberikan kartu yang berisi saldo yang dapat digunakan untuk membayar biaya sekolah atau untuk membeli buku dan alat tulis.

2. Program Bedah Rumah
Program ini bertujuan untuk memperbaiki dan merenovasi rumah-rumah tidak layak huni di wilayah Jakarta. Dalam program ini, Pemerintah DKI Jakarta akan memperbaiki rumah-rumah tersebut sehingga dapat dihuni dengan layak dan nyaman oleh penghuninya.

3. Kebijakan Bebas Biaya Transportasi
Kebijakan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakan transportasi umum di wilayah DKI Jakarta. Dalam kebijakan ini, masyarakat dapat menggunakan transportasi umum seperti busway, MRT, dan LRT secara gratis selama 24 jam dalam satu hari.

4. Program Bantuan Pangan Non Tunai
Program ini bertujuan untuk memberikan bantuan pangan bagi masyarakat kurang mampu di wilayah DKI Jakarta. Dalam program ini, masyarakat yang terdaftar sebagai penerima bantuan akan menerima kartu yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di sejumlah toko.

5. Kebijakan Pajak Bumi dan Bangunan
Kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi beban pajak bagi masyarakat di wilayah DKI Jakarta. Dalam kebijakan ini, Pemerintah DKI Jakarta memberikan potongan pajak kepada pemilik rumah dan bangunan yang memiliki luas bangunan di bawah 36 meter persegi.

6. Program Pengembangan Koperasi
Program ini bertujuan untuk memperkuat koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah DKI Jakarta. Dalam program ini, Pemerintah DKI Jakarta memberikan bantuan modal dan pelatihan bagi koperasi dan UMKM agar mampu berkembang dan bersaing di pasar.

7. Kebijakan Pembangunan Infrastruktur
Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di wilayah DKI Jakarta. Dalam kebijakan ini, Pemerintah DKI Jakarta meningkatkan investasi dan melakukan perbaikan jalan, jembatan, dan fasilitas umum lainnya.

8. Program Pengembangan Pariwisata
Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pariwisata di wilayah DKI Jakarta. Dalam program ini, Pemerintah DKI Jakarta melakukan perbaikan dan pengembangan fasilitas wisata di Jakarta, seperti bangunan bersejarah, taman, dan pusat belanja.

9. Kebijakan Berbasis Masyarakat
Kebijakan ini bertujuan untuk memperkuat partisipasi masyarakat dalam pengambilan kebijakan di wilayah DKI Jakarta. Dalam kebijakan ini, Pemerintah DKI Jakarta memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan pendapat mereka dalam forum-forum tertentu.

10. Program Pembangunan Perumahan Rakyat
Program ini bertujuan untuk memberikan hunian yang layak bagi masyarakat di wilayah Jakarta. Dalam program ini, Pemerintah DKI Jakarta membangun perumahan rakyat yang terjangkau bagi masyarakat dengan pendapatan rendah.

Terkait kebijakan dan program tersebut, Anies mengklaim bahwa tujuannya adalah untuk menciptakan keadilan bagi seluruh masyarakat di wilayah DKI Jakarta. Menurut Anies, kebijakan dan program tersebut merupakan bentuk komitmen Pemerintah DKI Jakarta untuk mewujudkan visi “Jakarta Adil dan Makmur”.

Namun, di sisi lain, ada pula kritik-kritik yang dilontarkan kebijakan dan program Pemerintah DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies. Beberapa kritik tersebut antara lain adalah kurang terfokusnya kebijakan pada sektor pendidikan, lambatnya penanganan persoalan banjir, dan kebijakan pembatasan mobil pribadi yang dinilai merugikan masyarakat menengah ke bawah.

Namun, meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa kebijakan dan program Pemerintah DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies telah memberikan dampak positif bagi keadilan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah DKI Jakarta. Tentu saja, masih banyak hal yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki agar Jakarta benar-benar adil dan makmur. Namun, setidaknya kita dapat melihat bahwa ada upaya yang dilakukan oleh Pemerintah DKI Jakarta dalam mewujudkan misi keadilan yang dijanjikan oleh Anies.

Original Post By Dmarket