Berita  

Bambang Susantono, Kepala Otoritas IKN, Raih Penghargaan Rekor MURI

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono Dianugerahi Rekor MURI

Kepala Otorita IKN (Indonesia Digital Creative Nation) Bambang Susantono menjadi sosok yang patut diperhitungkan dalam dunia industri kreatif Indonesia. Ia baru-baru ini meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pemegang rekor terbanyaknya presentasi daring yang diadakan oleh pemerintah pada masa pandemi Covid-19. Hal ini merupakan bukti nyata dalam upayanya untuk terus mengembangkan industri kreatif di Indonesia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang prestasi yang diraih oleh Bambang Susantono, serta gambaran lebih lanjut mengenai kinerja IKN dan industri kreatif di Indonesia.

Penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI)

Pada tanggal 27 Juli 2021, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Bambang Susantono sebagai pemegang rekor terbanyaknya presentasi daring yang diadakan oleh pemerintah pada masa pandemi Covid-19. Bambang Susantono melakukan presentasi sebagai Kepala Otorita IKN sebanyak 1.500 kali selama masa pandemi Covid-19. Selain itu, ia juga aktif dalam kegiatan webinar, talkshow, dan diskusi online lainnya.

Hal ini menunjukkan kinerja yang luar biasa dari Bambang Susantono dalam memperjuangkan pengembangan industri kreatif di Indonesia, terutama dalam situasi pandemi yang sedang berlangsung.

Kinerja IKN dalam Mengembangkan Industri Kreatif di Indonesia

Sejak didirikan pada tahun 2018, IKN telah bekerja keras untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan berbagai cara, seperti penyediaan fasilitas produksi, pelatihan, serta dukungan dan bimbingan bagi para kreator.

Salah satu program unggulan dari IKN adalah program Inkubasi Bisnis Kreatif (IBK), yang merupakan program untuk membantu usaha kreatif dalam menumbuhkan dan mengembangkan usaha mereka. Program ini melibatkan banyak sekali pelaku kreatif dari berbagai bidang, seperti fotografi, animasi, desain grafis, dan masih banyak lagi.

Selain itu, IKN juga berkolaborasi dengan berbagai pihak, seperti investor, lembaga pendanaan, dan agen kreatif untuk memperluas jangkauan industri kreatif di Indonesia. Dalam upayanya untuk memperkuat industri kreatif di Indonesia, IKN juga menjalin kerjasama dengan pemerintah, perguruan tinggi, dan institusi lainnya.

Program IKN telah membawa dampak positif bagi pengembangan industri kreatif di Indonesia, khususnya dalam bidang animasi dan video game yang semakin berkembang.

Kondisi Industri Kreatif di Indonesia

Industri kreatif merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian Indonesia. Industri kreatif di Indonesia terdiri dari berbagai bidang, seperti seni, film, musik, desain grafis, animasi, dan lain sebagainya. Dalam beberapa tahun terakhir, industri kreatif di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Namun, masih banyak tantangan yang dihadapi oleh industri kreatif di Indonesia, seperti kurangnya dukungan dari pemerintah, masalah hak cipta, dan kurangnya regulasi yang memadai. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari semua pihak untuk memperkuat industri kreatif di Indonesia.

Kesimpulan

Prestasi yang diraih oleh Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN sebagai pemegang rekor terbanyaknya presentasi daring yang diadakan oleh pemerintah pada masa pandemi Covid-19, menunjukkan kinerja yang luar biasa dalam memperjuangkan pengembangan industri kreatif di Indonesia. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya industri kreatif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

IKN sebagai lembaga yang memiliki tugas untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia telah bergerak aktif dalam mendorong pengembangan industri kreatif di Indonesia. Namun, masih banyak tantangan yang harus dihadapi pada perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, pemerintah, dan pihak swasta untuk memperkuat industri kreatif di Indonesia. Semoga dengan adanya penghargaan dari MURI kepada Bambang Susantono ini, dapat membawa dampak positif bagi percepatan pengembangan industri kreatif di Indonesia.

Original Post By Dmarket