Eri Cahyadi, Walikota Surabaya, Not Interested Despite Entering Top 3 Candidates for Jatim Governor

Eri Cahyadi Walikota Surabaya Not Interested Despite Entering Top 3

Masuk 3 Besar Kandidat Gubernur Jatim, Walikota Surabaya Eri Cahyadi Tak Tertarik

Perhelatan Pemilihan Gubernur Jawa Timur semakin dekat dan semakin banyak kandidat yang bermunculan. Salah satu kandidat yang kini menjadi buah bibir adalah Walikota Surabaya Eri Cahyadi. Namun, meskipun masuk dalam tiga besar kandidat, Eri Cahyadi ternyata tidak tertarik untuk maju sebagai calon gubernur.

Alasan Eri Cahyadi Tak Tertarik Maju sebagai Calon Gubernur

Menurut pernyataan Eri Cahyadi, dia hanya ingin fokus dalam menjalankan tugasnya sebagai walikota Surabaya. Selain itu, dia juga mengaku masih ingin memperbaiki kondisi Surabaya yang telah banyak berubah sejak dia menjabat.

“Saya masih ingin fokus untuk Surabaya dulu. Yang kedua, saya punya keyakinan bahwa apa yang saya kerjakan di Surabaya nanti akan menjadi dorongan untuk ke depannya,” ujarnya di hadapan wartawan di Balai Kota Surabaya.

Tentu, keputusan Eri Cahyadi ini mengundang berbagai reaksi dari mayoritas pendukung dan tim suksesnya. Selain kecewa, banyak juga yang berharap Eri Cahyadi segera mengubah pendiriannya dan maju sebagai Calon Gubernur Jawa Timur.

Bagaimana Peluang Kandidat Gubernur Lain Menduduki Jabatan sebagai Gubernur?

Meskipun Eri Cahyadi tidak tertarik maju, Pemilihan Gubernur Jawa Timur tetap akan berlangsung. Kandidat lain yang berlomba untuk menyabet jabatan sebagai gubernur Jawa Timur pun makin hari makin ramai.

Ada beberapa nama besar yang kini sedang meramaikan bursa kandidat gubernur Jawa Timur. Adapun nama-nama tersebut di antaranya:

1. Khofifah Indar Parawansa

Nama Khofifah Indar Parawansa sebagai kandidat Gubernur Jawa Timur disebut-sebut mengalami kenaikan popularitas dalam beberapa bulan terakhir. Khofifah merupakan mantan menteri kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai ketua Umum Muslimat NU.

Dengan latar belakang politik dan sosial yang kuat, Khofifah memang menjadi salah satu kandidat yang patut diperhitungkan dalam bursa Gubernur Jawa Timur 2022. Dalam beberapa survei terakhir, Khofifah bahkan seringkali menduduki posisi teratas.

2. Saifullah Yusuf

Selain Khofifah, kandidat Gubernur Jawa Timur yang juga patut diperhitungkan adalah Saifullah Yusuf. Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul merupakan mantan Wagub Jawa Timur yang saat ini menjabat sebagai Ketua Majelis Syuro PKB. Selain itu, Gus Ipul juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan Nahdlatul Ulama.

3. Puti Guntur Soekarno

Nama Puti Guntur Soekarno juga muncul sebagai salah satu kandidat gubernur yang menjanjikan dalam bursa Pilgub Jawa Timur nanti. Puti merupakan putri dari aktivis perempuan Daw Siti Chalikah yang pernah menjadi Wakil Ketua DPRD Surabaya. Keberhasilannya memimpin Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) juga membuat Puti semakin diperhitungkan sebagai kandidat gubernur Jawa Timur.

Bagaimana Peluang Mereka Menang dalam Pilkada?

Meskipun masuk dalam tiga besar kandidat, Eri Cahyadi yang tak tertarik maju sebagai calon gubernur sebenarnya tidak memiliki peluang untuk menjadi gubernur Jawa Timur tanpa bersaing dalam Pilkada langsung.

Namun, bukan hanya Eri Cahyadi, kandidat lainnya juga tidak bisa begitu saja memastikan kemenangan dalam arena Pilkada. Meskipun mereka kebanyakan memiliki popularitas yang tinggi, masih banyak faktor yang harus diperhatikan untuk memastikan kemenangan dalam Pilkada.

Beberapa faktor yang perlu diperhitungkan dalam Pilkada antara lain:

1. Struktur Kepengurusan Parpol

Peran partai politik sangat besar dalam Pemilihan Kepala Daerah. Oleh karenanya, kandidat yang didukung oleh parpol dengan struktur kepemimpinan yang kuat punya peluang lebih besar untuk menang dalam Pilkada.

2. Program Kerja dan Visi Misi

Program kerja dan visi misi juga sangat penting dalam Pilkada. Kandidat yang mampu menghadirkan program yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat punya peluang lebih besar untuk menang dalam Pilkada.

3. Kemampuan Kampanye

Kandidat yang mampu melakukan kampanye dengan baik, menghadirkan citra yang baik dan punya daya tarik bagi masyarakat punya peluang lebih besar untuk menang dalam Pilkada.

Bagaimana Masa Depan Pilgub Jawa Timur?

Tak hanya pemilihan gubernur, Pilkada di Jawa Timur juga menampilkan sejumlah pilkada serentak serta Pilbup dan Pilwali di berbagai kota di Jawa Timur. Di beberapa wilayah juga terlihat adanya kandidat yang cukup menjanjikan.

Dengan demikian, masa depan Pilkada di Jawa Timur memang masih cukup terbuka. Serunya pertarungan politik di Jawa Timur dan nasib pemenang pada Pilgub nanti tentu akan menjadi sorotan selanjutnya.

Kesimpulan

Gubernur Jawa Timur memang menjadi jabatan yang cukup menarik dan banyak didambakan. Meski Eri Cahyadi yang masuk dalam tiga besar kandidat tak tertarik untuk maju, namun Pilgub Jawa Timur tetap akan berlangsung dengan kandidat lain yang tak kalah menarik.

Setiap kandidat tentu memiliki peluang yang sama untuk menang dalam Pilkada. Namun, faktor seperti struktur kepengurusan parpol, program kerja dan visi misi, dan kemampuan kampanye juga harus diperhatikan untuk memastikan kemenangan dalam Pilgub.

Original Post By Dmarket