Berita  

Pertamina Menyediakan Desa Energi Berdikari di 52 Titik di Seluruh Indonesia

Pertamina Menyediakan Desa Energi Berdikari di 52 Titik di Seluruh

Terus Bertambah, Desa Energi Berdikari Pertamina Ada di 52 Titik Lokasi Seluruh Indonesia

Desa Energi Berdikari Pertamina, program unggulan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina, terus berkembang pesat di Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberdayakan desa-desa di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan energi terbarukan secara efisien. Saat ini, desa energi berdikari Pertamina telah ada di 52 titik lokasi di Indonesia.

Desa Energi Berdikari Pertamina merupakan inisiatif Pertamina dalam mempercepat transformasi energi di Indonesia. Program ini melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat desa dalam memproduksi dan menggunakan energi terbarukan seperti bioenergi, energi surya, energi mikro hidro, dan lain-lain. Dengan adanya desa energi berdikari Pertamina, diharapkan masyarakat desa dapat mandiri dalam memenuhi kebutuhan energinya sendiri.

Salah satu contoh keberhasilan Desa Energi Berdikari Pertamina adalah di Desa Ngebruk, Jawa Tengah. Desa ini telah berhasil mengoperasikan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dengan kapasitas 20 Kwh. PLTS ini mampu memenuhi kebutuhan listrik desa secara mandiri, bahkan mampu mencukupi kebutuhan listrik beberapa rumah tangga di sekitar desa. Selain itu, Desa Ngebruk juga memiliki usaha pengolahan limbah organik menjadi biogas yang kemudian digunakan sebagai sumber energi untuk memasak.

Desa-desa energi berdikari Pertamina tidak hanya fokus pada produksi energi terbarukan, tetapi juga pada pengembangan ekonomi masyarakat. Melalui program ini, Pertamina memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat desa untuk mengelola usaha yang berkaitan dengan energi terbarukan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mengurangi ketimpangan ekonomi antara perkotaan dan pedesaan.

Pertamina juga telah melibatkan pemerintah daerah dalam implementasi program Desa Energi Berdikari. Pemerintah daerah memiliki peran penting dalam mendukung kelancaran operasional desa energi berdikari ini, baik dari segi regulasi maupun bantuan dana. Dalam upaya ini, Pertamina juga melakukan kerja sama dengan lembaga penelitian dan perguruan tinggi untuk mengoptimalkan pengembangan energi terbarukan di desa.

Di tahun ini, Pertamina berkomitmen untuk terus mengembangkan program Desa Energi Berdikari di seluruh Indonesia. Targetnya adalah mencapai 100 titik lokasi di akhir tahun. Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat desa, baik dari segi ekonomi maupun lingkungan. Dengan adanya desa energi berdikari Pertamina, Indonesia menjadi lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan energi dan juga mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

Perkembangan Desa Energi Berdikari Pertamina tidak hanya positif bagi masyarakat desa, tetapi juga berdampak positif bagi Indonesia secara keseluruhan. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah menghadapi berbagai tantangan dalam hal energi, terutama peningkatan harga minyak dunia dan kerusakan lingkungan akibat penggunaan energi fosil. Dengan adanya desa energi berdikari Pertamina, diharapkan dapat mengatasi masalah energi ini dan menuju keberlanjutan energi di masa depan.

Dalam kesimpulannya, Desa Energi Berdikari Pertamina adalah program yang sangat penting dalam memajukan energi terbarukan di Indonesia. Program ini tidak hanya memberdayakan masyarakat desa secara ekonomi, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada energi fosil dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Dengan dukungan pemerintah daerah dan kerjasama dengan berbagai pihak, diharapkan program ini terus berkembang pesat dan memberikan manfaat yang besar bagi Indonesia.

Original Post By Dmarket

Exit mobile version