The disease caused by air pollution in Jakarta is not yet classified as an emergency.

The disease caused by air pollution in Jakarta is not

Penyakit Karena Polusi Udara di Jakarta Belum Kategori Darurat

Kota Jakarta, ibu kota Indonesia, dikenal dengan populasi yang padat dan polusi udara yang tinggi. Polusi udara yang sering disebut sebagai ‘silent killer’ oleh banyak ahli kesehatan karena dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk cancer dan penyakit jantung. Namun, meskipun kesehatan masyarakat terancam, Jakarta belum menetapkan status kategori darurat untuk polusi udara. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang penyakit karena polusi udara, dan mengapa Jakarta harus segera menetapkan status kategori darurat untuk merespons polusi udara yang meningkat di kota ini.

1. Apa Itu Polusi Udara?

Polusi udara terjadi ketika substansi berbahaya seperti partikel, nitrogen dioksida, sulfur dioksida, dan ozon, ada di udara. Jenis polutan ini berasal dari lalu lintas, industri, pembakaran batu bara dan minyak, pembakaran limbah, dan banyak lagi.

Polusi udara di Jakarta terutama disebabkan oleh transportasi dan industri berat yang meningkatkan kadar nitrogen dioksida dan partikel halus di udara. Partikel halus dapat masuk ke dalam paru-paru dan bahkan ke dalam aliran darah, menyebabkan berbagai penyakit serius.

2. Jenis Penyakit karena Polusi Udara

Polusi udara dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk asthma, bronkitis, cancer, penyakit jantung, stroke, dan bahkan kematian. Walaupun tidak semua orang terkena dampaknya dengan cara yang sama, kebanyakan orang yang terus terkena polusi udara memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami masalah kesehatan.

3. Dampak Polusi Udara di Jakarta

Menurut laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia pada 2018, Jakarta mempunyai indeks kualitas udara terburuk di antara kota-kota besar di Asia Tenggara. Pada 2020, kota ini masih dikatakan berada di urutan pertama dengan tingkat kualitas udara terburuk. Banyak warga Jakarta merasakan dampak dari polusi ini seperti batuk, sesak napas, dan ketergantungan obat-obatan.

Selain itu, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa polusi udara bisa menjadi penyebab keguguran dan kondisi bayi lahir cacat. Studi yang dilakukan oleh Departemen Kedokteran Kedokteran Kebidanan dan Ginekologi Universitas Airlangga mengidentifikasi hubungan langsung antara polusi udara dan morbidity reproduksi.

4. Status Kategori Darurat untuk Polusi Udara

Jakarta saat ini belum memberikan status kategori darurat untuk polusi udara. Ini berarti tidak ada upaya aktif dalam mengurangi kadar polutan dan membantu masyarakat yang terkena dampak. Dengan status kategori darurat, kebijakan akan diterapkan dan tindakan preventif serta mitigasi akan diambil untuk mengurangi dampak buruk pada kesehatan masyarakat.

Hal ini sangat penting, mengingat tingginya angka kematian akibat polusi udara setiap tahun. Menurut data dari Institut Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat, hampir 40 persen dari kematian pada tahun 2012 berkaitan dengan polusi udara.

5. Apa yang Harus Anda Lakukan?

Ada banyak cara untuk membantu mengurangi masalah polusi di Jakarta. Salah satu langkah terpentingnya adalah tetap waspada dan berhati-hati sebanyak mungkin. Hindari melakukan aktivitas yang tidak penting saat kualitas udara sedang buruk. Kita juga bisa menggunakan sepeda atau transportasi alternatif lain daripada kendaraan pribadi yang lebih besar dan lebih banyak emisi.

6. Partisipasi Pemerintah

Pemerintah telah melakukan beberapa upaya untuk mengurangi polusi udara di Jakarta, termasuk melarang kendaraan yang lebih dari 10 tahun dari jalan raya. Namun, langkah ini tidak cukup untuk menyelesaikan masalah terkait polusi udara di Jakarta.

Adopsi regulasi yang lebih ketat untuk industri dan kendaraan daripada yang ada saat ini akan membantu mengurangi emisi yang dihasilkan dan merespon memburuknya kondisi kualitas udara di Jakarta. Pemerintah harus bekerja sama dengan masyarakat untuk menyelesaikan masalah ini agar status kategori darurat dapat segera diterapkan.

7. Kesimpulan

Polusi udara bisa sangat berbahaya untuk kesehatan dan lingkungan. Sebagai kota yang semakin padat, Jakarta memiliki peningkatan kadar polutan di udara yang sangat meningkat dari tahun ke tahun. Meningkatkan kesadaran publik tentang bahaya polusi udara, mengurangi kontribusi polutan dari kendaraan dan industri, serta menetapkan status kategori darurat untuk polusi udara adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta.

Original Post By Dmarket