Berita  

Jokowi Akan Hadiri KTT BRICS di Afrika Selatan

Jokowi Akan Hadiri KTT BRICS di Afrika Selatan

Presiden Jokowi akan Hadiri KTT BRICS

Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan ke Afrika Selatan pada 25-27 Juli 2018 untuk menghadiri KTT BRICS (Brazil, Rusia, India, China, South Africa) di Johannesburg. Dalam kunjungannya ke Afrika Selatan, Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri beberapa kegiatan yang bertujuan untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Afrika Selatan serta meningkatkan kerja sama dengan negara-negara BRICS.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi saat mengunjungi Afrika Selatan dan menghadiri KTT BRICS.

1. Pertemuan bilateral dengan Presiden Afrika Selatan
Presiden Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa untuk membahas berbagai isu strategis yang berkaitan dengan hubungan bilateral kedua negara serta meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang.

2. Pertemuan dengan pemimpin negara BRICS
Presiden Jokowi akan bertemu dengan pemimpin negara BRICS yang lain, yaitu Presiden Brazil Michel Temer, Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden China Xi Jinping. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas isu-isu global dan meningkatkan kerja sama antara negara-negara BRICS.

3. Pertemuan dengan pengusaha Afrika Selatan
Selain melakukan pertemuan dengan pemimpin negara dan pemerintah Afrika Selatan, Presiden Jokowi juga akan bertemu dengan beberapa pengusaha Afrika Selatan untuk membahas peluang investasi dan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Afrika Selatan.

4. Pembukaan Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue
Presiden Joko Widodo akan membuka acara Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue (IAID) yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Pretoria. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan investasi antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

5. Penandatanganan beberapa kesepakatan
Presiden Jokowi dijadwalkan akan menandatangani beberapa kesepakatan bilateral dengan Afrika Selatan serta beberapa negara BRICS selama kunjungan ke Afrika Selatan. Kesepakatan-kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bilateral dan memperkuat hubungan antara Indonesia dengan negara-negara BRICS.

Meningkatkan Kerja Sama dengan Afrika Selatan dan BRICS

Indonesia dan Afrika Selatan telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1994. Selama dua puluh tahun terakhir, hubungan antara kedua negara terus berkembang baik, terutama dalam bidang ekonomi, pendidikan, dan budaya.

Dalam beberapa tahun terakhir, pariwisata merupakan sektor yang terus mengalami peningkatan dalam hubungan antara Indonesia dan Afrika Selatan. Pada tahun 2017, sebanyak 24.558 wisatawan Afrika Selatan berkunjung ke Indonesia, meningkat sekitar 7% dibanding tahun sebelumnya.

Selain peningkatan dalam sektor pariwisata, Indonesia dan negara-negara BRICS juga memiliki potensi besar dalam meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan bisnis. Dalam beberapa tahun terakhir, perdagangan antara Indonesia dan negara-negara BRICS terus meningkat.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), total nilai perdagangan antara Indonesia dan negara-negara BRICS mencapai US$46,84 miliar pada tahun 2017, meningkat sekitar 7,81% dibanding tahun sebelumnya.

Indonesia sendiri telah menjalin kerja sama yang dekat dengan masing-masing anggota BRICS. Dengan Brasil, Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1956 dan telah meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, perdagangan, dan investasi.

Dengan Rusia, Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik sejak 1950-an dan telah meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, industri, energi, dan pertahanan.

Dengan India, Indonesia telah memiliki hubungan yang dekat sejak lama, karena kedua negara memiliki budaya dan sejarah yang sama. Indonesia dan India telah meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, perdagangan, dan teknologi.

Dengan China, Indonesia juga memiliki hubungan yang dekat, karena kedua negara memiliki hubungan yang telah terjalin selama berabad-abad. Indonesia dan China telah meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi, perdagangan, dan infrastruktur.

Dalam kunjungan ke Afrika Selatan dan menghadiri KTT BRICS, Presiden Jokowi diharapkan bisa memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Afrika Selatan serta meningkatkan kerja sama dengan negara-negara BRICS, terutama dalam bidang ekonomi, investasi, dan pariwisata.

Original Post By Dmarket