Berita  

Pengembangan Sistem Transportasi Umum Dibahas oleh Robby Kurniawan saat Kemenhub Berada di China.

Pengembangan Sistem Transportasi Umum Dibahas oleh Robby Kurniawan saat Kemenhub

Diutus Kemenhub ke China, Robby Kurniawan Bahas Pengembangan Sistem Transportasi Umum

Kementerian Perhubungan Indonesia telah mengirimkan wakilnya, yaitu Direktur Jenderal Transportasi Darat Kementerian Perhubungan, Robby Kurniawan ke China untuk membahas pengembangan sistem transportasi umum di Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, Robby berdiskusi dengan sejumlah perusahaan di China yang memiliki teknologi dan pengalaman dalam pengembangan sistem transportasi umum.

Penyediaan Angkutan Umum yang Lebih Baik

Pengembangan sistem transportasi umum di Indonesia menjadi suatu hal yang penting mengingat jumlah penduduk yang semakin bertambah. Dalam waktu dekat, ditargetkan akan ada kemajuan besar dalam penyediaan angkutan umum yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem transportasi umum yang berbasis teknologi tinggi.

Dalam percakapan dengan perusahaan di China, Robby Kurniawan membahas mengenai pengembangan sistem transportasi massal seperti kereta api, jalan raya dan juga transportasi sungai/air. Dalam hal ini, perusahaan-perusahaan di China menawarkan berbagai solusi dan teknologi yang telah teruji di negaranya, salah satunya adalah penggunaan teknologi big data dalam pengaturan transportasi umum.

Penggunaan Teknologi Big Data

Salah satu teknologi yang dapat diterapkan adalah teknologi big data. Dengan menggunakan teknologi ini, data mengenai kondisi transportasi dapat dikumpulkan dan dianalisis dengan cepat dan akurat. Dari hasil analisis ini, perusahaan dapat mengambil tindakan yang tepat dalam mengoptimalkan sistem transportasi umum, seperti memperbaiki rute transportasi dan menyediakan angkutan umum dengan kapasitas lebih.

Selain itu, dengan penggunaan teknologi big data, perusahaan juga dapat memastikan kesiapan fasilitas dan layanan dalam sistem transportasi umum. Dengan sistem pemantauan yang terus-menerus, infrastruktur dan peralatan yang rusak atau tidak berfungsi dapat segera diperbaiki. Hal ini tentunya akan membantu meningkatkan kualitas dan efisiensi sistem transportasi umum di Indonesia.

Transportasi Massal Berbasis Kereta Api

Dalam percakapan dengan perusahaan di China, Robby juga membahas tentang pengembangan transportasi massal berbasis kereta api. China telah berhasil mengembangkan sistem kereta api yang canggih, dengan kecepatan yang tinggi dan kapasitas yang besar. Hal ini tentunya dapat dijadikan acuan dalam pengembangan sistem transportasi massal di Indonesia.

Di wilayah perkotaan, salah satu jenis transportasi umum yang biasanya digunakan adalah kereta api bawah tanah. Dalam percakapan tersebut, perusahaan di China menawarkan teknologi kereta api bawah tanah yang ramah lingkungan, efisien, dan aman. Teknologi ini dapat membantu mengurangi kemacetan dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih di wilayah perkotaan.

Pengembangan Kapasitas Transportasi Air dan Sungai

Selain transportasi darat, pengembangan kapasitas transportasi air dan sungai juga menjadi perhatian dalam pengembangan sistem transportasi umum di Indonesia. Indonesia merupakan negara maritim dan memiliki banyak sungai, sehingga potensi pengembangan transportasi air dan sungai sangat besar.

Saat ini, transportasi air masih sangat terbatas dan masih menggunakan kapal-kapal tradisional. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan perusahaan yang mampu menawarkan solusi pengembangan transportasi air dan sungai yang modern, aman dan efisien. Dalam kunjungan ke China ini, Robby Kurniawan sempat berdiskusi mengenai hal tersebut dengan beberapa perusahaan di China yang memiliki pengalaman dan teknologi dalam pengembangan transportasi air dan sungai.

Tingkatkan Kerja Sama dengan Perusahaan Asing

Pengembangan sistem transportasi umum yang lebih baik di Indonesia tidak dapat dilakukan sendiri. Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan perusahaan asing yang memiliki pengalaman dan teknologi dalam pengembangan sistem transportasi umum.

Dalam kunjungan ke China, Robby Kurniawan mengajak perusahaan-perusahaan di China untuk berinvestasi dan membuka peluang kerja sama dalam pengembangan sistem transportasi umum di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membantu Indonesia dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi sistem transportasi umum, serta membuka peluang kerja baru di sektor transportasi.

Persiapan Pengembangan Sistem Transportasi Umum di Masa Depan

Pengembangan sistem transportasi umum yang lebih baik di Indonesia tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, perlu adanya perencanaan yang matang dan persiapan yang baik dari segi teknologi, infrastruktur, dan sumber daya manusia.

Dalam percakapan dengan perusahaan-perusahaan di China, Robby Kurniawan membahas mengenai persiapan pengembangan sistem transportasi umum di masa depan seperti pengembangan teknologi ‘smart city’ dan penggunaan energi baru. Dalam hal ini, China memiliki pengalaman yang cukup banyak dalam pengembangan teknologi ‘smart city’ dan penggunaan energi baru.

Kesimpulan

Pengembangan sistem transportasi umum yang lebih baik adalah salah satu hal yang sangat penting bagi Indonesia, mengingat semakin meningkatnya jumlah penduduk. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan teknologi dan perluasan kapasitas pada transportasi umum. Dalam kunjungan ke China, Direktur Jenderal Transportasi Darat Kementerian Perhubungan, Robby Kurniawan membahas berbagai solusi dan teknologi untuk mendukung pengembangan sistem transportasi umum di Indonesia. Penggunaan teknologi big data, pengembangan transportasi massal berbasis kereta api, pengembangan kapasitas transportasi air dan sungai, serta persiapan pengembangan sistem transportasi umum di masa depan menjadi fokus pembicaraan dalam kunjungan tersebut. Diharapkan kerja sama antara pemerintah Indonesia dan perusahaan asing terus berjalan untuk menciptakan sistem transportasi umum yang lebih ramah lingkungan, efisien, dan berkualitas.

Original Post By Dmarket