Gerindra Lawmaker Urges Special Survey to Redata Beneficiaries of Social Aid in DKI

Gerindra Lawmaker Urges Special Survey to Redata Beneficiaries of Social

Legislator Gerindra Mendorong Survei Khusus untuk Mendata Ulang Penerima Bansos di DKI

Kebijakan Bansos (Bantuan Sosial) yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam rangka mengatasi dampak pandemi Covid-19 dan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Jakarta, kembali menuai pro-kontra. Dalam hal ini, Legislator Partai Gerindra, Ferdinan Hutahaean, mengusulkan untuk dilakukan survei khusus dalam mendata ulang penerima bansos di DKI Jakarta, karena masih banyak yang mengaku tidak mendapatkan bantuan tersebut.

Berikut ini ialah pembahasan lebih lengkap terkait gagasan Ferdinan Hutahaean, terkait urgensi pendataan ulang penerima bansos di DKI:

1. Latar Belakang

Hasil patut dicatat bahwa kebijakan bantuan sosial oleh pemerintah tidak berjalan dengan lancar. Banyak warga yang tidak terdaftar sebagai penerima manfaat cukup tampak khawatir, sebab adanya indikasi pilih kasih yang terjadi di lapangan. Untuk mengatasi permasalahan ini, Ferdinan Hutahaean, gerindra menyarankan untuk melakukan pendataan ulang dan survei khusus terhadap penerima bansos.

2. Pengertian Bansos

Bantuan sosial (bansos) merupakan bantuan bersifat langsung yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai bentuk kepedulian pemerintah atas kelangsungan hidup rakyat di masa pandemi dan PPKM. Kebijakan ini, seharusnya dampaknya dapat dirasakan oleh seluruh rakyat yang memerlukannya.

3. Kenapa Harus Ada Pendataan Ulang?

Sejak awal pandemi, pemerintah telah banyak memberikan berbagai bantuan sosial untuk warga terdampak. Sayangnya, masih banyak yang merasa tidak pernah menerima atau yang justru menerima banjuan sosial yang tidak sesuai dengan kebutuhan yang dialami. Maka, tidak mengherankan jika kebijakan ini dianggap kurang efektif dan terkesan asal jadi.

4. Bentuk Pendataan Ulang

Jika pendataan ulang dilaksanakan, Ferdinan mengatakan bahwa pemerintah harus memastikan data warga yang diperoleh dari setiap rumah tangga dan orang yang memerlukan bantuan sosial. Data tersebut harus benar-benar akurat hingga ke level terdalam, sehingga dapat membatasi kasus calo dan menjaga selektifitas dalam pendistribusian bantuan.

5. Manfaat Pendataan Ulang

Pendataan ulang akan sangat menguntungkan bagi masyarakat terutama warga yang membutuhkan bantuan, karena dapat mengurangi kesenjangan sosial dan mendorong pemerataan akses terhadap bantuan sosial. Dengan pendataan ulang ini, selain dapat memperoleh bantuan sosial dengan tepat, masyarakat juga dapat memanfaatkan dana bansos untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

6. Kendala Mendata Ulang Penerima Bansos

Proses pendaftaran ulang penerima bansos tentunya membutuhkan waktu dan biaya. Belum lagi kendala teknis seperti terbatasnya jangkauan informasi yang dapat disampaikan oleh petugas pemerintah sehingga tentu sulit dilakukan. Maka perlu dilakukan sistem yanf baru dan efektif agar pendataan ulang dapat berjalan dengan baik.

7. Strategi Pendataan Ulang

Dalam hal ini, pemerintah harus menggunakan strategi yang efektif, seperti melibatkan relawan yang mampu berkunjung langsung ke rumah-rumah warga untuk mengecek kebenaran alamat penerima bansos, serta melibatkan aplikasi atau teknologi yang dapat mempermudah proses pendataan ulang penerima bansos.

8. Pentingnya Peranan Masyarakat dalam Pendataan Ulang

Peran masyarakat sangatlah penting dalam mencapai kesuksesan pendataan ulang penerima bansos. Dalam hal ini, masyarakat diupayakan untuk melaporkan keluhan terkait bantuan sosial kepada petugas, seperti misalnya: apabila terdapat skema pungutan liar atau pungli yang menerapkan sistem tulang dalam pendistribusian bantuan sosial.

9. Upaya Mengatasi Kendala

Untuk mengatasi kendala teknis seperti terbatasnya jangkauan informasi yang dapat disampaikan oleh petugas pemerintah, displin masyarakat juga perlu ditingkatkan. Sehingga, masyarakat bisa tetap mematuhi protokol kesehatan termasuk dalam proses pendataan ulang tersebut.

10. Kesimpulan

Pendataan ulang yang dilakukan oleh pemerintah dapat dijadikan alternatif untuk memastikan penyaluran bantuan sosial menyasar ke sasaran dengan tepat. Dalam hal ini, diperlukan peran aktif dari masyarakat guna memastikan keberhasilan kebijakan ini. Sehingga, pendataan ulang bisa dilakukan dengan efektif dan optimal, serta dapat memberikan dampak positif untuk kesejahteraan masyarakat.

Dengan pendalaman kata kunci banos dan pendataan ulang, artikel ini diharapkan dapat meningkatkan SEO (Search Engine Optimization), serta memberikan banyak informasi berguna untuk pembaca.

Original Post By Dmarket