Berita  

Kemenangan Perdana Belanda | Metro Daily

HL1 Belanda

Kemenangan Perdana Belanda di Awal Sejarah Sepak Bola | Metro Daily

Belanda jadi salah satu negara yang terkenal di dunia sepak bola. Namun, tak banyak yang tahu kalau Belanda baru meraih sejarah kemenangan perdana di Piala Dunia pada tahun 2014. Dalam artikel ini, Metro Daily akan membahas tentang kemenangan perdana Belanda di awal sejarah sepak bola mereka.

1. Memulai dari Sejarah Awal Sepak Bola di Belanda

Sepak bola pertama kali diperkenalkan di Belanda pada abad ke-19, saat Belanda masih menjadi koloni dari Inggris. Para siswa Belanda yang belajar di Inggris diajarkan oleh guru mereka bermain sepak bola, dan ketika pulang ke Belanda, mereka membawa konsep sepak bola itu ke negaranya.

Pada 1888, organisasi sepak bola pertama dibentuk di Belanda. Saat itu, sepak bola masih dimainkan secara amatir dan banyak still-musuh-musuh yang menganggap sepak bola sebagai permainan yang mengganggu ketertiban umum.

Kerajaan Belanda baru mengakuinya sebagai olahraga resmi pada 1954. Sejak itu, sepak bola di Belanda mulai berkembang pesat dan menjadi olahraga yang sangat populer, bahkan hingga saat ini.

2. Pentas Internasional: Keberhasilan dan Kegagalan di Kejuaraan Eropa

Pada tahun 1970-an, sepak bola Belanda menjelma menjadi permainan yang menawan dan efektif. Mereka memenangi beberapa pertandingan kejuaraan Eropa secara spektakuler, mencetak banyak gol dan memperkenalkan gaya bermain sepak bola baru, Total Football.

Arus keberhasilan ini dimulai pada tahun 1974 di dalam Piala Dunia pertama kalinya di mana Belanda menjadi juara kedua. Namun, keberhasilan itu ternoda oleh kekalahan saat menghadapi Jerman Barat dalam final.

Empat tahun kemudian, Belanda membuat kejutan saat melawan Juara Dunia saat itu, Argentina pada pertandingan Piala Dunia di Meksiko. Namun, kalah di final skor 3-1.

Meskipun begitu, Belanda tetap diakui sebagai tim sepak bola terbaik di dunia dengan Total Football dan dirayakan pada masanya.

3. Kemenangan Perdana di Piala Dunia 2014

Belanda memastikan tempat mereka di Piala Dunia Brazil pada tahun 2014 sebagai juara Grup D dengan kemenangan empat kali secara beruntun. Mereka menjatuhkan Spanyol, Australia dan Chili. Pada perempatfinal, mereka berhadapan dengan Kosta Rika yang membuat segudang kesulitan untuk menembus barisan pertahanan mereka.

Pertandingan dilanjutkan hingga adu penalti. Kiper Belanda, Tim Krul akhirnya menjadi bintang di laga tersebut setelah mampu mencegah tendangan penalti Kosta Rika. Belanda akhirnya menang 4-3 dalam adu penalti dan mampu melaju ke babak semifinal.

Namun, di babak semifinal, Belanda kalah tipis dengan Argentina dengan skor 0-0 (pelanggaran) dan kalah dalam adu penalti 4-2. Belanda harus puas menempati posisi ketiga setelah memenangkan pertandingan penentuan posisi antara mereka dengan Brasil dengan skor 3-0.

4. Hari Ini: Perjalanan Sepak Bola Belanda

Sejak kemenangan perdana mereka di Piala Dunia 2014, Belanda telah menunjukkan kinerja yang cukup apik di sejumlah turnamen besar. Di Kejuaraan Eropa 2016, mereka berhasil tampil impresif namun gagal lolos ke babak semifinal setelah kalah dalam adu penalti.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Belanda gagal lolos ke putaran final mengingat catatan buruk mereka di setiap pertandingan.

Meski demikian, Belanda masih memiliki pemain berkualitas dan pelatih yang andal. Mereka kini tengah berjuang untuk memulai kembali perjalanan mereka di ajang sepak bola dunia.

5. Kesimpulan

Belanda memang dikenal sebagai negara yang terkenal di dunia sepak bola. Namun kemenangan perdana mereka sebagai juara Piala Dunia baru diraih pada tahun 2014. Belanda mengawali perjalanan sepak bola mereka di abad ke-19 semenjak masuknya konsep sepak bola dari Inggris. Keberhasilan mereka di ajang sepak bola internasional antara lain pada tahun 1974 dan 1978, menggunakan gaya bermain sepak bola total football.

Kehadiran pemain berkualitas dan pelatih yang andal membuat harapan Belanda tetap tinggi dalam menapaki kembali jalur keberhasilan mereka di ajang sepak bola dunia.

Originally posted 2023-03-29 13:44:49.