Berita  

Indonesia Berhasil Menurunkan Sampah Plastik Laut Sebesar 39 Persen, Akui PBB

Indonesia Berhasil Menurunkan Sampah Plastik Laut Sebesar 39 Persen Akui

PBB Akui Indonesia Berhasil Turunkan Sampah Plastik Laut 39 Persen

Saat ini, masalah sampah plastik menjadi isu global yang sangat penting untuk ditangani. Menurut laporan yang dikeluarkan oleh PBB pada tahun 2021, ada sekitar 8,3 miliar ton sampah plastik yang telah dibuang sejak tahun 1950 dan sekitar 60 persen sampah tersebut mengalami dekomposisi yang sangat lambat. Dampak dari masalah ini sangat besar terhadap ekosistem dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, banyak negara yang mulai bergerak untuk menangani masalah sampah plastik, termasuk Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang punya peran penting dalam penanganan masalah sampah plastik global. Hal ini terbukti dengan pencapaian Indonesia dalam program penanggulangan sampah plastik laut yang diakui oleh PBB. Pada tahun 2018, PBB sudah mengakui bahwa Indonesia berhasil menurunkan sampah plastik laut sebesar 39 persen.

Berikut ini adalah beberapa hal yang telah dilakukan oleh Indonesia dalam program penanggulangan sampah plastik laut:

1. Peningkatan Kesadaran dan Pendidikan

Program penanggulangan sampah plastik laut di Indonesia melibatkan banyak pihak, mulai dari pemerintah, masyarakat, dan dunia industri. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengadakan kampanye dan acara- acara pembelajaran. Pemerintah dan organisasi independen bahkan mengadakan pelatihan untuk mengedukasi masyarakat mengenai bahaya plastik bagi lingkungan.

2. Penegakan Hukum

Pemerintah Indonesia memiliki beberapa regulasi untuk mengatur penggunaan plastik. Salah satunya adalah melarang penggunaan kantong plastik yang sangat tipis. Lebih lanjut, pemerintah juga mengeluarkan peraturan yang mengharuskan produsen untuk memperkuat kemasan plastik agar mudah didaur ulang.

3. Pengolahan Sampah

Program penanggulangan sampah plastik laut Indonesia juga melibatkan pengolahan sampah plastik yang sudah ada di laut. Pemerintah telah membangun sistem pengolahan limbah di beberapa kota seperti Jakarta, Bali, dan Surabaya untuk mencucikan dan memilah sampah plastik yang sudah terjerumus ke laut.

4. Peningkatan Infrastruktur

Pemerintah Indonesia juga meningkatkan infrastruktur untuk memudahkan pengolahan sampah. Beberapa tempat pembuangan sampah sudah dilengkapi dengan fasilitas pemrosesan sampah plastik yang lebih baik. Selain itu, pemerintah juga mendukung industri daur ulang dengan menyediakan akses ke daerah-daerah terpencil.

5. Kolaborasi dengan Negara Lain

Indonesia turut bergabung dengan berbagai negara lain dalam penyelesaian masalah sampah plastik. Indonesia telah menandatangani perjanjian dengan beberapa negara dalam pertukaran teknologi dan pengalaman. Lebih lanjut, Indonesia juga bekerjasama dengan negara-negara yang mengalami masalah serupa, seperti India dan China.

6. Teknologi Terbaru

Indonesia juga mulai menggunakan teknologi terbaru untuk mengatasi masalah sampah plastik. Beberapa perusahaan swasta bahkan sudah mulai mengembangkan teknologi untuk memilah sampah. Contohnya, sebuah perusahaan di Bali menggunakan teknologi pengolahan sampah yang inovatif untuk menghasilkan produk ramah lingkungan.

7. Industri Mengubah Kebiasaan

Tentu saja, upaya pemerintah saja tidak cukup. Industri pun harus mengubah kebiasaan menggunakan plastik dan mulai beralih ke alternatif yang lebih ramah lingkungan. Beberapa perusahaan telah membuat komitmen untuk menghilangkan plastik sekali pakai dari produk mereka dan mulai menggunakan bahan alternatif seperti bambu atau kertas.

8. Program “Indonesia Bersih”

Pemerintah Indonesia meluncurkan program “Indonesia Bersih” dengan misi menyelesaikan masalah sampah. Kampanye ini melibatkan kerja sama dari berbagai stakeholder, termasuk sektor publik dan swasta. Tujuannya adalah menciptakan masyarakat yang sadar akan dampak lingkungan.

9. Tekad untuk Menjadi Negara Bebas Sampah Plastik pada 2040

Indonesia memiliki tekad untuk menjadi negara bebas sampah plastik pada 2040. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah terus melakukan inovasi terbaru dalam memanage sampah dan juga meningkatkan kesadaran masyarakat. Pemerintah juga telah mengadakan diskusi dengan pihak swasta untuk menjalin kolaborasi guna mencapai tujuan tersebut.

10. Partisipasi Aktif Masyarakat

Masyarakat Indonesia mulai sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Kini, mereka lebih aktif dalam berbagai kampanye mengenai penanggulangan sampah plastik. Masyarakat bahkan mengadakan aksi-aksi seperti gerakan bersih pantai dan memilah sampah di rumah. Semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam penanggulangan sampah plastik, semakin besar harapan bahwa Indonesia dapat menjadi negara bebas sampah plastik pada tahun 2040.

Dalam akhir-akhir ini, Indonesia kembali mencatatkan perkembangan yang positif dalam program penanggulangan sampah plastik laut. Berdasarkan Global Waste Index 2021, Indonesia kini berada di peringkat 63 dari 180 negara dalam penanganan sampah, naik dari peringkat 77 di tahun 2020. Hal ini menunjukkan bahwa upaya Indonesia dalam menangani sampah plastik terus berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Indonesia telah berhasil menurunkan sampah plastik laut sebesar 39 persen dan berada pada jalur yang tepat dalam mencapai tujuan menjadi negara bebas sampah plastik pada tahun 2040. Upaya pemerintah dan masyarakat dalam pensosialisasian pentingnya menjaga lingkungan dan pengurangan sampah plastik terus berjalan dengan baik. Selain itu, industri juga semakin sadar bahwa penggunaan plastik tidak bersahabat dengan lingkungan, sehingga mulai mencari alternatif bahan yang ramah lingkungan. Semua pihak harus terus bergerak bersama dalam menangani masalah sampah plastik, sehingga dampak negatifnya dapat diminimalkan dan lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat.

Original Post By Dmarket