Berita  

Kapolsek Padalarang Cegah Aksi Kejahatan Jalanan Dengan Gelar Patroli KRYD

IMG 20230329 WA0353

Cegah Aksi Kejahatan Jalanan, Kapolsek Padalarang Gelar Patroli KRYD

Kapolsek Padalarang, Kompol Diding Siswandi, terus memperkuat tindakan pencegahan kejahatan jalanan dengan menggelar patroli KRYD yang intensif di sejumlah titik rawan kejahatan jalanan di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Patroli KRYD sendiri merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh kepolisian Indonesia sebagai bentuk responsifitas dan kesiapan dalam menghadapi kejahatan jalanan yang semakin marak di beberapa wilayah.

Patroli KRYD merupakan singkatan dari Kontrol, Razia, Cipta Kondisi, dan Diskusi. Dalam kegiatan patroli KRYD tersebut, kepolisian melakukan patroli untuk mengontrol situasi dan kondisi di jalanan, melakukan razia di lokasi rawan kejahatan, memberikan dan menciptakan kondisi yang kondusif untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan serta melakukan diskusi dengan para penduduk setempat untuk mendapatkan informasi mengenai kejahatan yang baru-baru ini terjadi.

Melalui patroli KRYD, Polsek Padalarang bertujuan untuk memperkecil angka kejahatan jalanan yang terjadi di wilayah Kecamatan Padalarang. KRYD menilai patroli yang rutin dan intensif dapat membangun rasa aman dan meminimalisir tindak kejahatan jalanan.

Peningkatan kegiatan ini menjadi perhatian Kapolsek Padalarang karena dari sebulan terakhir terjadi beberapa tindak kejahatan jalanan di sepanjang jalan Kabupaten dengan korban kehilangan motor dan HP. Hal tersebut juga sudah menjadi perhatian para masyarakat dan membuat mereka merasa tidak aman dalam kegiatan sehari-harinya. Selain itu, kegiatan patroli KRYD juga menjadi salah satu program pemeliharaan Kamtibmas yang diterapkan Polsek Padalarang sebagai media meningkatkan kinerja Polri.

Program Patroli KRYD sendiri diawali dengan kegiatan diskusi dan sosialisasi dengan masyarakat. Dalam diskusi tersebut, masyarakat diajak untuk lebih waspada dan aktif mengawasi aktivitas di sekitar mereka, khususnya pada titik-titik rawan kejahatan jalanan. Selain itu, Polisi juga berupaya meningkatkan kelas pemahaman masyarakat tentang seluk beluk kejahatan jalanan agar masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaannya terhadap tindak kejahatan jalanan.

Setelah tahap diskusi dengan masyarakat selesai, kegiatan selanjutnya adalah melakukan patroli. Polisi akan melintasi jalan-jalan yang dianggap rawan kejahatan jalanan dengan menggunakan kendaraan patroli. Selama melakukan patroli, keberadaan Polisi diharapkan dapat membuat para pelaku kejahatan menjadi cemas dan merasa tidak nyaman sehingga mereka enggan melakukan aksi kejahatan jalanan.

Dalam melakukan patroli, Polisi juga akan melakukan pemeriksaan identitas dan surat-surat kendaraan serta penggeledahan terhadap pelaku kejahatan. Dalam hal ini, Polisi menggunakan hak-hak yang diberikan oleh Undang-Undang untuk menjaga keamanan dan ketertiban bersama. Jalur patrol juga disesuaikan dengan daerah yang dimasuki karena mengambil jalur rawan dapat meminimalkan jumlah kejahatan jalanan yang terjadi.

Melakukan patroli juga memerlukan kerja sama dengan para kepala kampung dan RT/RW. Kerja sama sangat penting dalam memasuki daerah yang dianggap rawan. Kepala kampung dan RT/RW diharapkan dapat memberikan informasi penting kepada Polisi terkait dengan keamanan lingkungan mereka. Dalam polisi KRYD, Polisi juga mendesak masyarakat untuk memberikan informasi dan menyampaikan laporan langsung kepada kepolisian jika menemukan tindakan kejahatan di sekitar mereka.

Kegiatan patroli KRYD yang rutin dan intensif sudah mulai menunjukkan hasil. Hingga kini, tindak kejahatan jalanan di Kecamatan Padalarang mengalami penurunan. Para pelaku kejahatan dirasa enggan untuk beraksi di wilayah Padalarang karena keberadaan Polisi dan masyarakat yang semakin peka dan tanggap terhadap kejahatan jalanan.

Melalui program ini, Polisi dan masyarakat bergandengan tangan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban bersama. Polisi berperan sebagai penyelenggara keamanan, sementara masyarakat berperan sebagai pelapor serta pengawas lingkungan mereka. Kerja sama yang dijalin ini menjadi modal penting dalam menghadapi tantangan keamanan dan ketertiban di wilayah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Mewartakan kinerja kepolisian merupakan tanggung jawab semua warga. Jangan ragu untuk memberikan apresiasi pada Kapolsek Padalarang, Kompol Diding Siswandy pada kolom komentar ujung artikel ini. Terima kasih.

Originally posted 2023-03-29 15:03:20.

Exit mobile version