Serangan Hamas ke Israel demi Kebebasan dan Kemerdekaan.

Serangan Hamas ke Israel demi Kebebasan dan Kemerdekaan

Serangan Hamas ke Israel: Sejarah, Konflik, dan Perkembangan Terbaru

Hamas merupakan gerakan Islam sayap kiri dan kelompok politik yang berbasis di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Sejak awal berdirinya, Hamas telah melakukan serangan dan aksi kekerasan terhadap Israel, yang merupakan salah satu konflik tertua di dunia. Serangan-serangan Hamas yang dilakukan dalam rangka memperjuangkan kebebasan dan kemerdekaan bagi rakyat Palestina ini terus berlanjut hingga saat ini. Simaklah rangkuman artikel berikut ini tentang Serangan Hamas ke Israel yang sangat aktual dan terbaru pada tahun 2021 ini.

1. Sejarah Konflik Hamas dan Israel

Konflik Hamas dan Israel berawal dari konflik Israel-Palestina. Pada tahun 1948, Israel mengakui kemerdekaan Palestina dengan UNGA Resolution 181. Namun, sejak itu konflik tidak pernah berakhir dan terus memanas. Salah satu penyebeb konflik tersebut adalah dukungan terhadap Palestina oleh negara-negara Arab, di antaranya adalah Mesir, Suriah, dan Arab Saudi. Sejak 1948 sampai sekarang, Hamas melakukan aksi-aksi kekerasan, seperti melempar batu, meledakkan bom, menembaki tentara Israel, dan lain-lain. Pada tahun 1987, Hamas menjadi gerakan intifada (pemberontakan) yang memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Hamas seringkali menjadi kambing hitam dalam konflik Israel – Palestina, karena dianggap melakukan serangan teroris atas negara Israel.

2. Serangan Hamas ke Israel pada Tahun 2021

Pada 7 Mei 2021, Hamas meluncurkan serangan pertamanya ke wilayah Israel. Serangan ini merupakan respon atas konflik yang terjadi di East Jerusalem. Setelah serangan pertama, Israel membalas dengan melakukan aksi serangan balasan ke Palestina. Serangan-serangan ini menyebabkan kerusakan besar dan korban jiwa di kedua belah pihak.

3. Konflik Terbaru antara Hamas dan Israel

Pada bulan Mei 2021, Hamas dan Israel terlibat dalam serangan-serangan yang semakin hebat, khususnya di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Ribuan warga Palestina harus meninggalkan rumah mereka dan mengungsi karena adanya serangan dari Israel, sementara warga Israel juga diketahui mengungsi di beberapa wilayah yang terkena serangan Hamas. Perang ini terus berlangsung hingga saat ini, dan kedua belah pihak saling menyalahkan atas eskalasi kekerasan yang terjadi.

4. Dampak Serangan Hamas ke Israel

Serangan Hamas ke Israel dan serangan balasan dari Israel telah menyebabkan banyak korban, baik jiwa maupun harta benda. Perang ini juga memicu aksi protes dan demonstrasi di seluruh dunia, antara lain di AS, Inggris, dan Australia. Banyak negara dan organisasi internasional menyerukan agar konflik ini segera diakhiri dan kedua belah pihak mencapai kesepakatan damai.

5. Strategi Hamas dalam Melakukan Serangan

Hamas mempunyai beberapa strategi dalam melakukan serangan terhadap Israel. Salah satu strategi tersebut adalah serangan roket ke wilayah yang berada di dekat perbatasan Palestina-Israel. Hamas juga melakukan sabotase dengan menembaki wilayah industri di sekitar Israel. Hamas juga sering melakukan kampanye serangan bom bunuh diri dan penyusupan ke wilayah Israel.

6. Propaganda Hamas dalam Serangan

Hamas bukan hanya melakukan serangan fisik, namun juga propaganda yang bertujuan untuk meningkatkan dukungan secara internasional. Propaganda ini adalah upaya Hamas untuk meningkatkan jumlah donatur dan dukungan simpati dari masyarakat internasional. Serangan Hamas yang mempertahankan kemerdekaan Palestina di sisi politik, pernah mendapat dukungan dari Pakistab, Iran ataupun Saudi Arabia meskipun terjadi kekuatan yang berseberangan.

7. Ada Tindakan Pembalasan oleh Israel

Sebagai tanggapan atas serangan dari Hamas, Israel melakukan serangan balasan yang lebih besar pada Jalur Gaza dan Tepi Barat. Serangan yang dilakukan Israel in menimbulkan banyak korban jiwa dan kerusakan infrastruktur di Palestina. Aksi balasan ini dianggap tidak proporsional dan melanggar hak asasi manusia.

8. Upaya Perdamaian oleh Pihak Internasional

Konflik Hamas dan Israel bukan hanya menjadi masalah regional, tetapi juga menjadi perhatian internasional. Dunia internasional terus mengerahkan upaya-upaya untuk mencari solusi damai dan menghentikan konflik ini. Berbagai negara dan organisasi internasional seperti PBB melakukan lobi dan aktif di wilayah konflik untuk mencari solusi damai. Ngikuti jalan damai membutuhkan kesepakatan antar kedua pihak dan perjanjian internasional untuk memastikan keamanan dan kesejahteraan masyarakat Palestina dan Israel.

9. Pelajaran untuk Dunia Internasional

Konflik Hamas-Israel, memberikan banyak pelajaran untuk dunia internasional. Pelajaran itu adalah soal bagaimana mengakomodasi negara-negara yang lebih kecil dalam seluruh kepentingan internasional, bagaimana negara-negara besar dengan idealismenya mengambil tindakan dalam upaya mencapai perdamaian feminisme, pandemi dan isu global lainnya, dengan cara kerja sama di antara negara.

10. Penutup

Serangan Hamas ke Israel sudah terjadi selama lebih dari 70 tahun. Konflik yang terjadi dijalur Gaza dan Tepi barat sama sekali belom ada solusi yang tepat serta kedua belah pihak sama-sama keras untuk mencari solusi, keamanan, dan kesejahteraan bagi rakyat di Palestina dan Israel. Dunia internasional harus terus berupaya untuk mencari solusi damai dan menjaga keamanan dunia internasional agar konflik semacam ini tidak terjadi di masa depan.

Original Post By Dmarket

Exit mobile version