Berita  

Jelang Idulfitri, Pemprov Kalteng Gelar Pasar Penyeimbang Ramadan di 5 Kabupaten

6cbe086f2e4b0e35203e923fba4a20b7

Jelang Idulfitri, Pemprov Kalteng Gelar Pasar Penyeimbang Ramadan di 5 Kabupaten

Hari raya Idulfitri menjadi momen yang dinantikan oleh umat Islam di Indonesia. Selain memperkuat silaturahmi dengan keluarga, hal yang tidak kalah penting adalah persiapan untuk menyambut hari raya tersebut. Pemprov Kalteng memahami pentingnya hal tersebut dan menggelar Pasar Penyeimbang Ramadan di 5 kabupaten.

Pasar Penyeimbang Ramadan untuk Mempermudah Persiapan Idulfitri

Pasar Penyeimbang Ramadan adalah pasar yang diadakan oleh Pemprov Kalteng sebelum hari raya Idulfitri. Pasar ini bertujuan untuk mempermudah persiapan umat Islam dalam menyambut hari raya. Pasar penyeimbang ramadan ini biasanya diadakan pada bulan ramadan sebagai wadah bagi pedagang informal sebagai alternatif pasar bagi warga yang membutuhkan barang sembako dengan harga yang lebih murah dan juga menyediakan kebutuhan serta bahan makanan lainnya yang dibutuhkan oleh umat muslim pada saat hari raya idul fitri. Dalam pasar tersebut, tersedia aneka kebutuhan pokok seperti beras, madu, minyak goreng, daging, ayam, ikan, sayur serta buah-buahan.

Lokasi Pasar Penyeimbang Ramadan

Pasar penyeimbang Ramadan yang diadakan Pemprov Kalteng dibagi menjadi 5 kabupaten yang tersebar di wilayah Kalimantan Tengah. Kelima kabupaten tersebut di antaranya:

  • Kabupaten Kapuas
  • Kabupaten Barito Utara
  • Kabupaten Sukamara
  • Kabupaten Katingan
  • Kabupaten Pulang Pisau

Pasar dengan Harga Bersahabat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Pasar Penyeimbang Ramadan bertujuan untuk mempermudah persiapan umat Islam dalam menyambut hari raya Idulfitri. Selain itu, keuntungan lain dari adanya pasar ini adalah harga yang bersahabat. Pasar penyeimbang ramadan menjual berbagai kebutuhan dengan harga yang lebih murah dibandingkan pusat perbelanjaan lainnya. Hal ini tentunya sangat membantu masyarakat khususnya di wilayah Kalimantan Tengah yang mayoritas penghasilan rendah.

Pasar Penyeimbang Ramadan di Masa Pandemi Covid-19

Masa pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup signifikan pada berbagai sektor, termasuk pada kegiatan pembelian kebutuhan lebaran. Pasar Penyeimbang Ramadan di masa pandemi ini tetap diadakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, seperti pembatasan jumlah pengunjung, jaga jarak, menggunakan masker serta cuci tangan. Selain itu, pengunjung juga diharapkan untuk membawa tas belanja sendiri. Ini semua dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan pengunjung dan juga para pedagang.

Pendapat Masyarakat Tentang Pasar Penyeimbang Ramadan

Pasar Penyeimbang Ramadan mendapat respon positif dari masyarakat khususnya di wilayah Kalimantan Tengah. Pasar ini dianggap sangat membantu masyarakat dalam mempersiapkan hari raya Idulfitri. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat bersahabat sehingga memberikan kemudahan bagi mereka yang berpenghasilan rendah dalam membeli kebutuhan lebaran. Sebagai warga muslim, Pasar Penyeimbang Ramadan menjadi alternatif untuk mulai membeli kebutuhan lebaran dan membantu masyarakat dalam menekan pengeluaran dalam membeli sembako.

Saran Bagi Pemerintah

Setelah melaksanakan Pasar Penyeimbang Ramadan selama beberapa tahun, Pemprov Kalteng tentunya mendapat banyak masukan dari masyarakat. Ada beberapa saran yang bisa diberikan oleh masyarakat untuk memaksimalkan Pasar Penyeimbang Ramadan. Beberapa saran tersebut adalah:

  • Menambah jumlah kios dan lapak: Hal ini dilakukan agar lebih banyak pedagang yang dapat bergabung dan juga menambah variasi barang yang dijual.
  • Memperpanjang waktu operasional pasar: Waktu operasional Pasar Penyeimbang Ramadan hanya dibuka pada pagi dan sore hari, sehingga membuat sebagian masyarakat tidak dapat mengunjungi pasar tersebut disebabkan kesibukan kerja. Dengan memperpanjang waktu operasional, masyarakat akan lebih dimudahkan dalam memilih waktu untuk berkunjung ke pasar.
  • Memberikan informasi yang lebih lengkap: Pemprov Kalteng diminta memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai barang-barang yang dijual dan harga yang ditawarkan, sehingga masyarakat bisa mengetahui persiapan apa yang harus dilakukan sebelum berkunjung ke Pasar Penyeimbang Ramadan.

Kesimpulan

Pasar Penyeimbang Ramadan yang diadakan Pemprov Kalteng sebelum hari raya Idulfitri memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi masyarakat khususnya di wilayah Kalimantan Tengah. Pasar dengan harga bersahabat dan tetap mengikuti protokol kesehatan ini mendapat respon positif dari masyarakat. Dengan adanya Pasar Penyeimbang Ramadan, masyarakat juga dapat lebih hemat dalam mempersiapkan persiapan Idulfitri. Pasar Penyeimbang Ramadan adalah salah satu bentuk kegiatan yang harus dikembangkan oleh pemerintah dalam memberikan kemudahan dan mempermudah persiapan masyarakat menyambut hari raya dengan penuh suka cita.

Originally posted 2023-04-11 16:08:52.