Calon Bos OJK Baru Harus Paham Segala Aspek Keuangan Digital

  • Share
Calon Bos OJK Baru Harus Paham Segala Aspek Keuangan Digital

Dmarket.co.id – Presiden Jokowi telah memilih 14 nama yang diserahkan ke panitia seleksi Anggota Dewan Komisioner (ADK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melalui tahapan fit and proper test di Komisi XI DPR dalam waktu dekat.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Nailul Huda mengatakan, calon DK OJK yang baru harus menguasai dunia keuangan secara keseluruhan. Mulai dari industri perbankan, pasar saham, investasi, hingga keuangan digital.

Menurutnya, pemimpin OJK baru nanti harus lebih menguasai persoalan digitalisasi dibidang keuangan. Sebab, keuangan digital akan menjadi tantangan industri kedepannya. Dalam hal ini, bukan hanya soal pinjaman online namun segala aspek digitalisasi.

“Mulai bank digital, investasi online, ini yang harus diatur. Ini membutuhkan pengaturan yang dalam oleh keuangan digital,” ujarnya dalam kepada wartawan, Sabtu (2/4).

Nailul berharap, calon DK OJK yang baru harus memahami dan menguasai visi keuangan digital. Sebab, tantangan yang sangat berat bagi Indonesia akan datang dari sistem ekonomi digital. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir isu dunia industri keuangan digital cenderung negatif.

“Positifnya kurang. Misalnya pinjol, investasi, penipuan online, bank digital yang saya rasa citra negatifnya. Ini saya harapkan seharusnya bisa diminimalisir masalah-masalah itu kedepannya,” tuturnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri



#Calon #Bos #OJK #Baru #Harus #Paham #Segala #Aspek #Keuangan #Digital

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.