Apindo Khawatir Konflik Rusia-Ukraina Ganggu Global Supply Chain

  • Share
Apindo Khawatir Konflik Rusia-Ukraina Ganggu Global Supply Chain

Dmarket.co.id – Konflik antara Rusia dan Ukraina berdampak negatif terhadap dunia. Salah satunya adalah terjadinya lonjakan harga energi, dimana diketahui bahwa Rusia merupakan eksportir besar yang memasok gas bumi untuk sejumlah negara.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani pun mengatakan, tak bisa dipungkiri bahwa konflik ini membuat situasi dunia usaha menjadi sulit. Banyak harga komoditas melonjak akibat polemik itu.

“Memamg kita melihat permasalahan yang paling berat sekarang ini karena konflik Rusia-Ukraina ini yang benar-benar membuat kita dalam kondisi sangat-sangat sulit,” kata dia secara daring, Kamis (7/4).

Seperti diketahui peran kedua negara ini sangat besar di bidang energi dan pangan. Rusia merupakan pengeskpor gas terbesar ke Eropa. Sementara Ukraina menghasilkan minyak nabati dan gandum untuk diekspor, termasuk ke Indonesia.

“Kebetulan kita juga membeli gandum dalam jumlah besar dari Ukraina dan jangan lupa bahan pupuk dari Rusia juga dominan ada kalium, amonia dan sebagainya itu juga menguasai hampir 40 persen ekspor dunia untuk pupuk. Harga pupuk sudah melonjak tinggi. Ini juga promblem ke pangan juga,” terang dia.

Saat ini, banyak negara yang juga menetapkan embargo ekonomi terhadap Rusia. Alhasil aksi ini pun akan memberikan multiplier effect terhadap rantai distribusi dunia secara jangka panjang.



#Apindo #Khawatir #Konflik #RusiaUkraina #Ganggu #Global #Supply #Chain

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version