Cegah Kerugian, Harus Ada Aturan Mobil Pengguna Pertalite-Pertamax

  • Share
Cegah Kerugian, Harus Ada Aturan Mobil Pengguna Pertalite-Pertamax

Dmarket.co.id – Anggota Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris mengatakan harus ada upaya penyadaran kepada masyarakat pengguna Pertamax agar tidak beralih ke Pertalite. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) dan Pertamina pun diminta duduk bersama dalam menyusun aturan yang mengatur tentang kendaraan yang boleh membeli Pertalite dan Pertamax.

“Tadi saya minta BPH Migas dan Pertamina duduk bersama untuk menyusun aturan yang menjelaskan atau mengatur bahwa mobil kriteria ini kriteria itu harus pertalite, kriteria itu harus pertamax, sehingga negara juga tidak rugi, subsidi kan luar biasa,” kata dia dikutip, Senin (11/4).

“Ternyata masyarakat yang mampu dan memiliki kendaraan mewah masih banyak pakai Pertalite, padahal Pertalite itu kan disubsidi,” sambungnya.

Oleh karena itu, ia menilai digitalisasi di SPBU penting dilakukan agar dapat memantau konsumsi BBM masyarakat. Lebih lanjut, terkait isu akan naiknya harga LPG subsidi 3 kg, agar distribusi tetap aman, ia menilai sistem penyaluran harus dilakukan dengan sistem tertutup.

Artinya, penjualan LPG subsidi 3 kg hanya boleh dilakukan pada masyarakat yang membutuhkan. Sehingga distribusi LPG subsidi 3 kg dapat lebih tepat sasaran.

“Sampai saat ini belum ada pembicaraan bahwa LPG akan mengalami kenaikan, tetapi mungkin distribusi yang perlu dipikirkan distribusi sistem tertutup, kalau terbuka tentu orang yang tidak berhak juga bisa beli LPG 3 kilo ya,” terangnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking



#Cegah #Kerugian #Harus #Ada #Aturan #Mobil #Pengguna #PertalitePertamax

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *