Sri Mulyani Beberkan Strategi Pemulihan Ekonomi Indonesia ke Depan

  • Share
Sri Mulyani Beberkan Strategi Pemulihan Ekonomi Indonesia ke Depan

Dmarket.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pandemi Covid-19 menyebabkan ancaman signifikan terhadap perekonomian di semua negara. Maka dari itu, pemerintah juga melakukan upaya pemulihan ekonomi setelah mengalami guncangan akibat pandemi ini.

“Bagi Indonesia, respons pertama pada waktu pandemi ini dari sisi fiskal adalah menghapus batasan defisit maksimal tiga persen (dari PDB), yang sudah kita adopsi selama lebih dari 15 tahun,” kata dia secara daring dikutip, Senin (11/4).

“Namun agar kita terus juga menjaga disiplin di sisi fiskal, penghapusan batasan ini hanya diperbolehkan selama tiga tahun yang diatur melalui Undang-undang,” sambungnya.

Langkah respons pemerintah Indonesia selanjutnya adalah melakukan refocusing anggaran. Menghadapi situasi pandemi yang penuh dengan ketidakpastian, fleksibilitas anggaran menjadi hal penting dalam mengakomodasi kebutuhan belanja negara terhadap penanganan Covid-19.

“Refocusing di mana kami dapat memindahkan pengeluaran pemerintah pusat dari pengeluaran non-kesehatan menjadi pengeluaran kesehatan, dari pengeluaran non-sosial menjadi pengeluaran jaring pengaman sosial, untuk menciptakan keamanan sekaligus prioritas,” tutur dia.

Respons pemerintah yang ketiga adalah penerapan burden sharing. Burden sharing ini dilakukan antar kementerian/lembaga (K/L), di mana dilakukan pemotongan anggaran yang tidak prioritas dan terkait langsung dengan penanganan pandemi.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



#Sri #Mulyani #Beberkan #Strategi #Pemulihan #Ekonomi #Indonesia #Depan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *