7 Perusahaan Mangkir saat Dipanggil KPPU Terkait Dugaan Kartel Migor

  • Share
7 Perusahaan Mangkir saat Dipanggil KPPU Terkait Dugaan Kartel Migor

Dmarket.co.id – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terus melakukan investigasi terhadap penyelidikan kasus adanya dugaan kartel minyak goreng.  Dalam investigasi pada 6 sampai 8 April, KPPU telah memanggil 9 perusahaan yang terlibat dalam produksi hingga distribusi minyak goreng. Namun, hanya dua perusahaan yang hadir untuk memenuhi panggilan tersebut, yakni PT WT dan PT PMI.

“Tujuh pihak tidak memenuhi panggilan penyelidikan, termasuk empat produsen, yakni PT Sinar Alam Permai, PT Nubika Jaya, PT Permata Hijau Sawit dan PT Asianagro Agungjaya, PT GSRP, CV HM san PT PI,” ungkap Direktur Investigasi KPPU Gopprera Panggabean.dalam keterangannya, Selasa (12/4).

Atas ketidakhadiran tersebut, Tim Investigasi KPPU kembali akan mengagendakan pemanggilan untuk melihat apakah penundaan kehadiran tersebut wajar atau terdapat indikasi upaya penghambatan proses penyelidikan. Pada proses penyelidikan selanjutnya, Tim Investigasi akan melakukan pemanggilan terhadap 10 pihak yang terdiri atas perusahaan pengemasan, produsen dan distributor untuk menggali alat bukti.

10 perusahaan yang di maksud adalah PT FMS, PT JS, PT EUP, PT MNS, PT SB, PT NPL, PT AMR, PT, SDS, PT AJW, PT Asianagro Agungjaya. Dirinya meminta para pihak dalam proses penyelidikan ini untuk kooperatif dalam memenuhi panggilan guna memperlancar proses penegakan hukum. Dengan begitu, permasalahan minyak goreng ini dapat diselesaikan dan tidak memerlukan perpanjangan masa penyelidikan.

Sebagaimana diketahui, dalam Pasal 41 UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dikatakan, pelaku usaha dilarang menolak diperiksa, menolak memberikan informasi yang diperlukan dalam penyelidikan dan atau pemeriksaan, atau menghambat proses penyelidikan dan atau pemeriksaan.

“Jika melanggar, perbuatan tersebut dapat diserahkan kepada penyidik untuk dilakukan penyidikan,” tegasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking



#Perusahaan #Mangkir #saat #Dipanggil #KPPU #Terkait #Dugaan #Kartel #Migor

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.