Legislator PKS Singgung Kesejahteraan Petani dan Mahalnya Harga Pangan

  • Share
alexametrics

Dmarket.co.id – Anggota Komisi IV DPR RI Slamet mengkritisi kinerja pemerintah yang belum dapat menyelesaikan permasalahan mahalnya harga pangan sampai pekan kedua Bulan Ramadan 1443 H. Di samping itu, mahalnya harga pangan yang terjadi saat ini pun dinilai tidak menyentuh dan dirasakan oleh para petani.

“Mahalnya harga pangan hari ini tidak menyentuh langsung serta tidak dapat dirasakan para petani kita. Saya mengimbau kepada khususnya mitra kita, kalau memang ada yang terkait ini harus menggunakan kewenangannya secara maksimal,” kata Slamet dalam Rapat Kerja Komisi IV DPR RI bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo secara daring, Senin (11/4).

“Oleh karena itu, pesan saya ke Pak Menteri, dengan kewenangan yang ada optimalkan itu, tegakkan itu. Untuk kemudian memberikan kesejahteraan kepada para petani kita khususnya,” sambungnya.

Pemerintah pun diminta untuk dapat membuat kebijakan yang adil bagi masyarakat. Hal ini dilakukan agar Kementan dapat menjaga harga pangan dan juga memperhatikan kesejahteraan petani.

“Di sisi lain, pemerintah punya tugas menstabilkan pangan untuk tidak terlalu mahal tetapi di saat yang sama juga ada sebagian besar dari rakyat kita yang berprofesi menjadi petani yang juga harus diperhatikan masalah kesejahteraannya,” terang dia.

Politikus PKS tersebut juga menilai harga pangan yang selalu tinggi ini lantaran pemerintah tidak menggunakan kewenangannya dengan tegas. Pasalnya, selama ini pemerintah hanya memberikan imbauan dibandingkan tindakan tegas kepada para pengusaha.

“Saya pikir tidak ada pengusaha yang rugi, tinggal kemudian dia mau nggak untuk mengurangi keuntungan dia untuk kemudian berempati kepada rakyat kita. Tinggal kuncinya ada di pemerintah yang harus menggunakan kewenangannya untuk kemudian menekan itu,” tegas Slamet.



#Legislator #PKS #Singgung #Kesejahteraan #Petani #dan #Mahalnya #Harga #Pangan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *