Menteri BUMN Dorong BSI Masuk Jajaran 10 Besar Bank Syariah Dunia

  • Share
Menteri BUMN Dorong BSI Masuk Jajaran 10 Besar Bank Syariah Dunia

Dmarket.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa peran ekonomi syariah terus tumbuh. Bahkan, di atas pertumbuhan ekonomi konvensional, baik aspek pertumbuhan aset, pembiayaan hingga pertumbuhan dana pihak ketiga.

Menurutnya, hal ini tentu semakin membuktikan peranan penting perekonomian syariah bagi indonesia. Apalagi, saat ini Indonesia juga telah memiliki Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk mendorong perekonomian berbasis syariah dalam negeri.

BSI ini merupakan bank syariah yang sangat besar dan telah menjadi bank terbesar nomor 7 di Indonesia. Erick juga menargetkan bank syariah milik negara ini masuk jajaran 10 besar dunia.

“Sekarang menjadi Bank Syariah terbesar ke-13 di dunia ini. BSI ini akan terus saya dorong hingga bisa masuk sebagai bank syariah dan nomor 10 terbesar di dunia,” tutur Erick secara daring, Selasa (12/4).

Upaya mencapai hal itu salah satunya melalui peluncuran indeks saham IDX-MES BUMN 17 yang diharapkan bisa meningkatkan investasi syariah dalam negeri. Menurutnya, ini merupakan komitmen untuk penguatan literasi keuangan syariah.

“Hal ini diharapkan dapat mendukung peningkatan pengetahuan investasi bagi umat muslim Indonesia, terutama seiring transformasi teknologi dan digitalisasi yang juga berdampak sangat signifikan terhadap cara-cara berinvestasi,” imbuhnya.

Sebagai informasi, investasi syariah di Indonesia juga sudah didukung dan diformalkan oleh pemerintah melalui pasar modal syariah Indonesia sejak 1997 yang ditandai dengan penerbitan perdana reksadana syariah.

“Selama 25 tahun hingga sekarang, pasar modal syariah telah teruji oleh waktu, pengalaman dan sejarah dalam membuktikan pengelolaan investasi yang aman dan sesuai prinsip syariah uslam,” pungkasnya.



#Menteri #BUMN #Dorong #BSI #Masuk #Jajaran #Besar #Bank #Syariah #Dunia

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.