Akibat Perang, Modal Asing Senilai Rp 18,66 T Minggat Dari Indonesia

  • Share
Akibat Perang, Modal Asing Senilai Rp 18,66 T Minggat Dari Indonesia

Dmarket.co.id – Konflik antara Rusia dan Ukraina masih terus berlangsung terhitung sejak 24 Februari 2022. Hal ini pun berdampak pada sejumlah sektor, termasuk pasar keuangan di dalam negeri.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, hingga per 31 Maret 2022 lalu terjadi net outflow (modal asing keluar) sebesar USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 18,66 triliun (kurs Rp 14.355).

“Dengan peningkatan ketidakpastian pasar keuangan global dan aliran modal asing ke pasar keuangan domestik yang mengalami tekanan, investasi portofolio mengalami net outflow sebesar USD 1,3 miliar sampai dengan 31 Maret 2022,” terang dia dalam Telekonferensi Pers KSSK, Rabu (13/4).

Selain itu, terjadi tantangan untuk melakukan normalisasi dari sisi kebijakan moneter dari negara maju yang menyebabkan ketidakpastian pasar keuangan. Kebijakan moneter dilakukan untuk merespon potensi inflasi.

“Ini telah menimbulkan aliran modal pada emerging market yang tertekan, ini sejalan dengan terjadinya realokasi aset untuk mencari tempat yang aman atau safe haven asset,” ujar Sri Mulyani.

Menurutnya, tekanan geopolitik yang terjadi saat ini membuat para investor asing memilih untuk memindahkan aset mereka ke instrumen atau negara lain yang lebih aman. Meski demikian, dibandingkan negara berkembang lainnya, Indonesia masih lebih baik.

“Tekanan net outflow ini bila dibandingkan dengan emerging market lainnya yang mengalami juga masih relatif lebih rendah atau lebih baik,” tutup Sri Mulyani.



#Akibat #Perang #Modal #Asing #Senilai #Minggat #Dari #Indonesia

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.