Akuntan Didorong Ambil Peran Dalam Memitigasi Perubahan Iklim Global

  • Share
Akuntan Didorong Ambil Peran Dalam Memitigasi Perubahan Iklim Global

Dmarket.co.id – Pemimpin negara-negara G20 dan komunitas bisnis global didesak lebih aktif mengangkat isu-isu tata kelola berkelanjutan (sustainable governance) dalam bisnis guna mendukung inisiatif Environmental, Social and Governance (ESG). Perubahan iklim yang terjadi secara masif telah menjadi tantangan yang mempengaruhi kehidupan global. Isu ini menjadi salah satu masalah mendasar yang dibahas dalam rangkaian Presidensi G20 Indonesia pada tahun 2022.

Ketua Dewan Pengurus Nasional Ikatan Akuntan Indonesia (DPN IAI) Prof. Mardiasmo saat membuka webinar internasional “Optimizing Sustainability Governance through a Single Set of High-Quality Global Sustainability Reporting Standards”yang diselenggarakan IAI bekerja sama dengan B20 Indonesia dan International Federation of Accountants (IFAC) dengan peserta mencapai 2.150 berasal dari 31 negara.

Menurutnya, profesi akuntan harus memainkan perannya untuk berkontribusi pada upaya global untuk mengurangi emisi karbon. Akuntan dinilai memiliki skill set yang tepat untuk melakukan mitigasi perubahan iklim melalui pelaporan keberlanjutan (sustainability reporting).

Webinar ini merupakan bagian dari rangkaian tiga side event B20 yang akan diselenggarakan oleh IAI dan IFAC pada tahun 2022. B20 sendiri merupakan outreach group dan bagian dari G20 untuk komunitas bisnis.

“Saya percaya, untuk mencapai target net zero emission dalam mengatasi perubahan iklim dan menjaga keberlanjutan, keberadaan tata kelola berkelanjutan (sustainable governance) yang kuat dan kokoh sangat penting,” jelas Mardiasmo yang juga Wamenkeu periode 2014-2019 itu.

Pada kesempatan yang sama, Chair B20 Indonesia Shinta W. Kamdani memandang pentingnya pelaporan keberlanjutan untuk kalangan bisnis. Pelaporan ini, ujarnya, menunjukkan dukungan komunitas bisnis terhadap upaya global dalam perubahan iklim.

Menurut CEO Sintesa Group itu, upaya membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius, mencapai ekonomi dengan net zero emission, mengakhiri ketergantungan bahan bakar fosil, dan mengurangi dampak iklim kepada masyarakat, memerlukan sistem pemeriksaan serta pelaporan yang sistematis dan berkualitas tinggi.

Selain itu, pelaporan keberlanjutan ini juga membantu bisnis untuk mengevaluasi kemampuan adaptasinya terhadap transformasi ekonomi. Dunia sedang mengantisipasi perubahan dalam penawaran dan permintaan bisnis, alokasi dan pengeluaran modal, biaya produksi, model bisnis dan tata kelola karena adanya transformasi hijau besar-besaran.

Prof. Mardiasmo menambahkan, dinamika global akhir-akhir ini telah menghadirkan ancaman yang semakin signifikan terhadap bisnis dan lingkungan sosial. “Dunia membutuhkan kita, akuntan profesional untuk memitigasi semua ini. Akuntan harus memimpin pelaporan iklim dan pengungkapan ESG lainnya, karena akuntan berada di pusat informasi; akuntan memiliki keterampilan dan kompetensi yang relevan; akuntan terhubung secara global; dan akuntan tunduk pada kode etik yang diterima secara global,” pungkasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin



#Akuntan #Didorong #Ambil #Peran #Dalam #Memitigasi #Perubahan #Iklim #Global

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version