Menkeu Sebut Dampak Perang Tak Ganggu Stabilitas Sistem Keuangan RI

  • Share
Menkeu Sebut Pemerintah Sedang Susun Strategi Hadapi Tekanan Global

Dmarket.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa perbaikan ekonomi global akan mengalami tekanan ditengah tekanan perang antara Rusia dan Ukraina. Di sisi lain, stabilitas sistem keuangan Indonesia berada pada kondisi aman.

“Stabilitas sistem keuangan Indonesia berada dalam kondisi normal di tengah tekanan eksternal akibat perang di Ukraina. Perbaikan ekonomi global akan mengalami tekanan lebih rendah dari proyeksi sebelumnya,” kata dia dalam Telekonferensi Pers KSSK, Rabu (13/4).

Hal ini turut disertai volatilitas pasar keuangan yang meningkat seiring dengan eskalasi dari perang yang terjadi. Lantas, dari ekspektasi pertumbuhan ekonomi yang positif, sementara ini akan mengalami tekanan daripada geopolitik.

“Yang tadinya positif terhadap pemulihan perekonomian global seiring dengan meredanya Covid-19, tertahan atau mengalami tekanan karena eskalasi kondisi perang yang terjadi sejak tanggal 24 februari 2022,” imbuhnya.

Faktor lainnya adalah langkah embargo ekonomi yang dilakukan sejumlah negara, terutama Amerika Serikat, negara-negara Eropa serta mereka yang tergabung G7+ terhadap Rusia. Ini pun membuat rantai pasok global terganggu.

“Gangguan rantai pasok telah menekan volume perdagangan dan prospek ekonomi global,” terang dia.

Peperangan tersebut juga memicu harga komoditas global secara signifikan. Mulai dari komoditas energi, pangan dan logam yang akan berdampak pada meningkatnya inflasi global.

Kemudian, konflik ini pun juga menciptakan tantangan bagi normalisasi kebijakan moneter di negara maju yang meningkatkan ketidakpastian pasar keuangan global. Dalam hal ini, kebijakan moneter sebagai respon terhadap meningkatnya inflasi tinggi yang seiring adanya potensi pelemahan ekonomi.

“Ini telah menimbulkan aliran modal pada emerging market yang tertekan, ini sejalan dengan terjadinya realokasi aset untuk mencari tempat yang aman atau safe haven asset,” pungkas Sri Mulyani.



#Menkeu #Sebut #Dampak #Perang #Tak #Ganggu #Stabilitas #Sistem #Keuangan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *