Soal Utang Indonesia Capai Rp 7.014 Triliun, Sri Mulyani Bilang Begini

  • Share
Soal Utang Indonesia Capai Rp 7.014 Triliun, Sri Mulyani Bilang Begini

Dmarket.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, utang luar negeri Indonesia masih relatif rendah dibadingkan negara-negara lain yang ada di dunia, khususnya Asia Tenggara.

Adapun, utang luar negeri Indonesia ini berada di angka Rp 7.014 triliun. Angka tersebut setara dengan 40,17 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

“Rasio utang kita termasuk relatif rendah, baik diukur dari negara Asean, G20 atau bahkan seluruh dunia,” jelas Sri Mulyani  dalam Telekonferensi Pers KSSK, Rabu (13/4).

Namun melihat utang ini, ia mengatakan bahwa pemerintah akan menjaga utang luar negeri tetap terkendali secara hati-hati. Pasalnya, masalah utang ini juga menjadi persoalan yang serius, seperti yang terjadi pada Sri Lanka yang terlilit utang dan membuat krisis besar-besaran.

“Ini kita jaga hati-hati dan prudent, karena kita juga melihat tekanan seluruh dunia terhadap negara-negara akan meningkat, seperti salah satu negara, Sri Lanka,” ujar Sri Mulyani.

Apalagi saat ini terjadi kondisi yang tidak pasti, seperti masih terjadinya pandemi Covid-19 dan juga konflik antara Rusia-Ukraina yang menyebabkan global supply chain terganggu. Dengan pengendalian utang luar negeri yang baik, diharapkan Indonesia tidak menjadi negara yang terlilit utang.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



#Soal #Utang #Indonesia #Capai #Triliun #Sri #Mulyani #Bilang #Begini

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *