Sri Mulyani Paparkan Kinerja Pemulihan Perekonomian Indonesia

  • Share
Sri Mulyani Paparkan Kinerja Pemulihan Perekonomian Indonesia

Dmarket.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menuturkan bahwa perekonomian Indonesia masih tetap mengalami pertumbuhan ditengah adanya tekanan geopolitik global. Salah satunya dikontribusikan melalui penangangan pandemi yang baik.

“Pemulihan ekonomi Indonesia tetap terjaga, ditopang dengan meredanya atau penanganan pandemi Covid-19 dan juga pelonggaran mobilitas masyarakat yang mendorong perekonomian dalam negeri,” kata dia dalam Telekonferensi Pers KSSK, Rabu (13/4).

Pertumbuhan ekonomi dalam negeri Indonesia juga diperkirakan akan terus menguat. Hal ini ditopang dengan tumbuhnya kegiatan konsumsi rumah tangga, investasi dan dukungan belanja pemerintah.

Kinerja ekspor juga mengalami peningkatan yang signifikan. Namun, tetap harus diwaspadai dengan adanya perkembangan perdagangan ekonomi global dan pertumbuhan ekonomi global yang terancam akibat perang.

“Sejumlah indikator ekonomi sejak awal Maret 2022 tercatat baik, seperti indeks keyakinan konsumen (IKK), penjualan eceran, konsumsi semen dan listrik,” terang Ani, panggilan akrabnya.

Dari sisi eksternal, surplus neraca perdagangan pada Februari 2022 meningkat mencapai USD 3,83 miliar. Ini didukung oleh kenaikan surplus neraca perdagangan non minyak dan gas (migas).

“Terutama dengan meningkatnya harga komoditas global, seperti batubara, besi, baja dan CPO,” pungkasnya.



#Sri #Mulyani #Paparkan #Kinerja #Pemulihan #Perekonomian #Indonesia

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *