BI Prediksi Inflasi Indonesia Tetap Terkendali di Angka 2-4 Persen

  • Share
BI Prediksi Inflasi Indonesia Tetap Terkendali di Angka 2-4 Persen

Dmarket.co.id – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meyakini bahwa inflasi di Indonesia akan tetap terjaga. Meskipun saat ini banyak tantangan yang perlu dihadapi, seperti pandemi Covid-19 serta geopolitik yang sedang menegang antara Rusia-Ukraina.

Ia menuturkan, inflasi Indonesia pada tahun ini akan tetap seperti prediksi sebelumnya, yakni 2 sampai 4 persen. Meskipun saat ini harga sejumlah komoditas terus meningkat.

“Kami masih yakin inflasi bisa terjaga di sasaran 2 sampai 4 persen atau 3 persen plus minus 1 persen,” kata dia dalam telekonferensi pers dikutip, Kamis (14/4).

Namun meski optimis inflasi terkendali sesuai ramalan, pihaknya bersama pemerintah akan terus melakukan antisipasi kenaikan tersebut. Pasalnya, kenaikan inflasi ini akan mempengaruhi daya beli masyarakat.

Pihaknya pun juga akan melakukan koordinasi bersama pemerintah untuk menjaga stabilitas ekonomi fiskal dan moneter di dalam negeri. Mengingat bahwa ini akan memberikan dampak terhadap stabilitas keuangan negara.

BI, kata dia juga masih belum memutuskan untuk menaikkan suku bunga, meskipun Bank Sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve (The Fed) telah meningkatkannya sesesar 25 basis poin (bps). Artinya, bank sentral ini akan tetap mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR).

“BI mempertahan suku bunga pada level 3,5 persen selama triwulan 1 2022,” tuturnya.

Kata dia, keputusan ini sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar dan terkendalinya inflasi. Tidak dinaikkannya suku bunga juga karena inflasi tidak menyentuk yang sifatnya fundamental.

“Jadi tekanan harga pangan dan energi, BI tidak akan merespons dampak pertamanya. Kami akan respons dampak rambatan, kalau berdampak ke fundamental inflasi yang indikatornya inflasi inti,” tutup Perry.



#Prediksi #Inflasi #Indonesia #Tetap #Terkendali #Angka #Persen

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *