Menkeu Ungkap Prioritas Belanja Pemerintah 2023, Ada yang Naik & Turun

  • Share
Menkeu Ungkap Prioritas Belanja Pemerintah 2023, Ada yang Naik & Turun

Dmarket.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menuturkan sejumlah prioritas belanja pemerintah di tahun 2023 mendatang. Hal ini dilakukan untuk mendukung pemulihan ekonomi, membantu kelompok rentan dan tidak mampu, mendukung dunia usaha, terutama kelompok kecil dan menengah.

“Di bidang perlindungan sosial akan tetap dijaga range-nya antara Rp 349 triliun hingga Rp 332 triliun. Ini terutama untuk tetap menjaga perlindungan kepada masyarakat yang rentan, mendukung perlindungan sosial sepanjang hayat, dan juga mendorong perlindungan sosial yang makin adaptif,” kata dia dikutip, Jumat (15/4).

Untuk mendukung hal tersebut, data penerima perlindungan sosial akan semakin dimutakhirkan. Kementerian Sosial (Kemensos) juga akan meluncurkan program pemberdayaan yang diintegrasikan dengan program perlindungan sosial.

Lebih lanjut, belanja pemerintah juga akan diprioritaskan untuk bidang kesehatan. Menkeu memaparkan anggaran kesehatan selama 3 tahun terakhir ini melonjak karena adanya pandemi Covid-19, dari semula Rp 113 triliun pada tahun 2019 menjadi Rp 172 triliun tahun 2020.

Anggaran sebesar Rp 52,4 triliun didalamnya, ungkap Menkeu, untuk belanja yang berhubungan dengan Covid-19. Kemudian pada tahun 2021, belanja kesehatan melonjak lagi ke Rp 312 triliun, di mana Rp 190 triliun adalah untuk penanganan Covid-19.

Sementara, tahun 2022 diperkirakan belanja kesehatan mencapai Rp 255 triliun, di mana Rp 116,4 triliun adalah untuk Covid-19. Angka tersebut turun, karena tahun depan diperkirakan Covid tidak lagi menjadi faktor yang berpengaruh.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



#Menkeu #Ungkap #Prioritas #Belanja #Pemerintah #Ada #yang #Naik #Turun

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *