Inflasi Jadi Tantangan Nyata, Ini yang Dilakukan Pemerintah RI

  • Share
Airlangga Sebut Kenaikan Harga Pertalite dan LPG 3 Kg Masih Dikaji

Dmarket.co.id – Tantangan global yang terjadi saat ini membuat potensi kenaikan inflasi. Untuk itu, pemerintah pun tengah memitigasi resiko yang dihadapi akibat kenaikan harga komoditas energi dan pangan yang terjadi akibat kondisi geopolitik tersebut.

Terkait dengan peredaman inflasi, pemerintah mendorong agar proses distribusi komoditas bisa berjalan dengan baik. Pemerintah daerah (pemda) juga diminta membentuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk mengontrol inflasi.

Kemudian, pemerintah pusat turut melanjutkan pemberian stimulus ekonomi melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2022 dengan alokasi anggaran Rp 455,62 Triliun untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

Program ini dibagi 3, yakni Kesehatan dengan alokasi anggaran sebesar Rp 122,5 Triliun, Perlindungan Masyarakat sebesar Rp 154,8 Triliun dan Penguatan Pemulihan Ekonomi sebesar Rp 178,3 Triliun.

“Khusus menjelang Ramadan ini, Pemerintah meluncurkan penebalan perlindungan sosial terutama akibat kenaikan minyak goreng, besarnya Rp 100.000 per bulan dan diberikan untuk 3 bulan sekaligus yaitu sebesar Rp 300.000,” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara daring dikutip, Minggu (17/4).

“Bantuan itu diberikan kepada lebih dari 20 juta masyarakat. Ditambah dengan BT-PKLWN yang disalurkan kepada 2,5 juta masyarakat. Oleh Pemerintah akan segera disalurkan,” sambungnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



#Inflasi #Jadi #Tantangan #Nyata #Ini #yang #Dilakukan #Pemerintah

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *