BKF Ungkap Alasan Pemerintah Wacanakan Kenaikan BBM dan LPG 3 Kg

  • Share
BKF Ungkap Alasan Pemerintah Wacanakan Kenaikan BBM dan LPG 3 Kg

Dmarket.co.id – Pemerintah mewacanakan untuk melakukan penyesuaian harga terhadap bahan bakar minyak (BBM) serta LPG 3 kg. Hal ini dilakukan guna merespons harga minyak dunia yang masih tinggi dan juga harga jual di bawah keekonomian.

Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Abdurohman pun menyampaikan bahwa langkah ini merupakan awal yang baik. Setidaknya ada tiga alasan pemerintah melakukan penyesuaian harga pada komoditas tersebut.

“Jadi saya kira ini momentum juga, karena ada tekanan minyak dunia yang cukup tinggi, saya kira ini menjadi momentum tepat. Ada tiga alasan perlunya penyesuaian kebijakan subsidi energi,” kata dia dalam salah satu program TV nasional, Senin (18/4).

Pertama adalah karena subsidi energi BBM dan LPG yang tidak tepat sasaran. Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2021, sekitar 40 persen masyarakat terbawah yang berada pada desil 1 sampai 4, yakni kelompok sangat miskin dan rentan miskin hanya menikmati 20 persen subsidi.

“Sementara 80 persen dinikmati sekitar 60 persen masyarakat teratas, LPG juga dari rumah tangga terbawah hanya menikmati 24 persen dari manfaat subsidi. Jadi kalau dilihat total pengguna LPG 3 kg yang masih disubsidi itu kan 92 persen dari total rumah tangga, jadi ini kelihatan sangat tidak tepat sasaran,” terangnya.

Kemudian adalah perlunya penguatan keadilan. Jadi, karena manfaat ini lebih banyak dinikmati kelompok atas, sehingga perlu dilakukan penyesuaian subsidi.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



#BKF #Ungkap #Alasan #Pemerintah #Wacanakan #Kenaikan #BBM #dan #LPG

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version