Airlangga Sebut Realisasi PEN per 15 April Capai Rp 52,66 Triliun

  • Share
Airlangga Sebut Kenaikan Harga Pertalite dan LPG 3 Kg Masih Dikaji

Dmarket.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa anggaran penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PC-PEN), per 15 April 2022 telah terealisasi sebesar Rp 52,66 triliun. Angka ini setara 11,6 persen dari alokasi anggaran Rp 455,62 triliun.

Dia pun memberikan rinciannya, untuk penanganan kesehatan terealisasi sebesar Rp 2,50 triliun atau 2,04 persen dari alokasi. Utamanya untuk pembayaran klaim dan insentif tenaga kesehatan, insentif perpajakan kesehatan, serta penanganan Covid-19 melalui Dana Desa.

“Perlindungan masyarakat terealisasi sebesar Rp 45,08 triliun atau 29,1 persen dari alokasi. Terutama untuk PKH, Kartu Sembako, Kartu Prakerja, BLT Desa, dan Bantuan Tunai PKLWN,” jelas dia secara daring dikutip, Selasa (19/4).

Adapun, penguatan pemulihan ekonomi terealisasi sebesar Rp 5,07 triliun atau 2,8 persen dari alokasi. Utamanya untuk program pariwisata, subsidi bunga dan IJP (imbal jasa penjaminan) UMKM, ICT dan insentif perpajakan.

Mengenai BT-PKLWN (bantuan tunai pedagang kaki lima, warung dan nelayan), bantuan ini disalurkan Polri di 212 kabupaten/kota yang menjadi prioritas dalam program pengentasan kemiskinan ekstrim (PKE). Bantuan yang diberikan Rp 600 ribu per penerima yang ditujukan pada 1 juta orang PKL dan warung, serta 1,76 juta orang nelayan.

“Pemerintah juga menyalurkan BLT minyak goreng di 514 kabupaten/mota dengan jumlah Rp 300 ribu per penerima. Bantuan diberikan kepada 2,5 juta orang PKL dan warung. BLT minyak goreng juga diberikan kepada 1,76 juta orang nelayan di 212 jabupaten/kota sebesar Rp 300 ribu per penerima,” jelas dia.



#Airlangga #Sebut #Realisasi #PEN #April #Capai #Triliun

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *