Inflasi Tahun Kalender 2022 Tinggi, Naik Tiga Kali Lipat dari 2021

  • Share
Inflasi Tahun Kalender 2022 Tinggi, Naik Tiga Kali Lipat dari 2021

Dmarket.co.id – Tingkat inflasi Indonesia per tahun kalender (Januari-Maret) sebesar 1,2 persen tahun ini. Angka ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yakni 0,44 persen.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Mohamad Faisal menilai bahwa terjadi kenaikan signifikan pada daya beli masyarakat seiring dengan terkendalinya pandemi Covid-19. “Kalau kita bandingkan dengan tahun yang lalu di kuartal satu yang sama, ini sudah tiga kali lipat lebih tinggi inflasinya, padahal ini belum masuk bulan April yang ada peningkatan PPN, peningkatan Pertamax dan juga belum ada rencana kenaikan harga yang direncanakan oleh pemerintah,” jelas dia secara daring, Selasa (19/4).

Dia mengatakan, yang memengaruhi naiknya tingkat inflasi adalah kelompok pengeluaran. Bukan hanya di sektor makanan-minuman, tapi juga efek kenaikan gas LPG di bulan Desember 2021 dan Februari 2022.

“Ini menyebabkan inflasi pada kelompok perumahan, air, listrik dan bahan baku rumah tangga,” terangnya.

Faktor lainnya adalah kelompok leisure yang juga mulai tinggi aktivitasnya dibandingkan tahun lalu. Sektor restoran pun turut mengalami peningkatan yang menjadi penyebab inflasi.

“Efek daripada kenaikan demand. Jadi, karena sejalan dengan pelanggaran PPKM mobilitas sudah jauh lebih bagus demand sudat mulai terangkat juga, tapi yang efek daripada harga, inflasi yang disebabkan karena faktor administred price ini sangat besar rasanya,” pungkas Faisal.



#Inflasi #Tahun #Kalender #Tinggi #Naik #Tiga #Kali #Lipat #dari

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version