Dominan Kelola UMKM, Kemenko PMK Petakan Peran Perempuan Berwirausaha

  • Share
Dominan Kelola UMKM, Kemenko PMK Petakan Peran Perempuan Berwirausaha

Dmarket.co.id – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) akan membuat analisis kebijakan pemberdayaan ekonomi perempuan dalam masa pandemi Covid-19. Langkah ini dibuat mengingat banyaknya perempuan di Indonesia yang bekerja.

Asisten Deputi Pemenuhan Hak, Perlindungan, dan Pemberdayaan Perempuan Kemenko PMK Roos Diana Iskandar mengatakan, analisis kebijakan yang akan dibuat ini untuk menghasilkan rekomendasi kebijakan yang tepat dalam pengembangan ekonomi perempuan, khususnya di masa normal baru.

Roos mengatakan, pembuatan analisis kebijakan ini didasarkan pada terbitnya Perpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Wirausaha Nasional 2021-2024, yang juga memiliki tujuan pengembangan wirausaha perempuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pertumbuhan ekonomi.

Apalagi saat ini, berdasarkan survei Google tahun 2020, sebanyak 49 persen perempuan Indonesia berwirausaha, dan lebih dari 60 persen pelaku UMKM Indonesia adalah perempuan.

“Karena itu, kita perlu membuat semacam analisis kebijakan yang dapat digunakan untuk semakin menguatkan ekonomi perempuan khususnya di keadsaan kita yang masih di tengah pandemi Covid-19,” ujar Roos, Rabu (20/4).

Analisa dibuat bersama lembaga FES dan Sri Institute. Rancangan riset akan meliputi lokus untuk riset, kesadaran gender, tantangan ekonomi perempuan, serta dampak pandemi terhadap ekonomi perempuan.

Selain itu juga akan dipetakan Kementerian dan Lembaga mana saja yang bisa bekerja sama untuk menyuplai data-data yang diperlukan.

Roos berharap, dengan kerja sama pembuatan analisis kebijakan ini dapat membuat rekomendasi yang berguna untuk penguatan ekonomi perempuan dalam masa Covid-19.

“Kita berharap dari TOR (Term of Reference) kita ajukan kepada FES bahwa kkita berharap untuk keluaran dari rekomendasi kebijakan ini untuk model pemberdayaan ekonomi di masa new normal, kemudian rekomendasi alternatif ekosistem pemberdayaan ekonomi perempuan,” pungkas Roos.

Editor : Mohamad Nur Asikin



#Dominan #Kelola #UMKM #Kemenko #PMK #Petakan #Peran #Perempuan #Berwirausaha

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version