Menkeu Yakin Pemulihan Ekonomi Kuartal II Positif

  • Share
Menkeu Sebut Pemerintah Sedang Susun Strategi Hadapi Tekanan Global

Dmarket.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, perekonomian bakal tetap kuat di Kuartal II-2022, meskipun terdapat risiko dari tekanan eksternal. Terutama dari faktor kenaikan harga akibat perang antara Rusia dan Ukraina yang perlu terus diwaspadai.

“Ekonomi Indonesia dan momentum pemulihan masih terus berjalan dengan baik, dan ini akan terus terjaga seiring dengan kegiatan ekonomi masyarakat yang akan terus meningkat, terutama menjelang Idul Fitri, di mana mobilitas akan meningkat,” kata dia dalam telekonferensi pers APBN KiTa, Rabu (20/4).

Adapun, aktivitas perekonomian terkini masih kuat di Kuartal I-2022, indikator baik sisi konsumsi maupun produksi masih menunjukkan tren pemulihan yang baik. “Mobilitas telah menunjukkan peningkatan secara konsisten di kuartal I-2022 dan disertai kegiatan konsumsi mereka,” jelasnya.

Kata dia, indikator konsumsi melanjutkan tren penguatan dengan level di atas pra-pandemi, antara lain mobilitas masyarakat terus naik hingga 7,1 pada Kuartal 1 2022, Indeks Penjualan Ritel (IPR) terus meningkat sejalan dengan optimisme dan mobilitas masyarakat (14,7 persen pada Kuartal I 2022), dan Mandiri Spending Indeks masih berada d atas level pra-pandemi (129,4 pada Kuartal I 2022).

Perkembangan indikator produksi dan investasi turut mendukung penguatan ekonomi. Purchase Manager Index (PMI) Indonesia pada Maret 2022 mencapai 51,3, melanjutkan ekspansi selama tujuh bulan berturut-turut dan merupakan yang tertinggi di kawasan ASEAN.

“Pertumbuhan konsumsi listrik industri 15,7 persen dan bisnis 12,2 persen yang tinggi menunjukkan masih kuatnya aktivitas dunia usaha. Penjualan mobil niaga tumbuh kuat, menunjukkan aktivitas investasi masih dalam zona pertumbuhan,” tutup dia.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking



#Menkeu #Yakin #Pemulihan #Ekonomi #Kuartal #Positif

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.