Dua Perusahaan Asal Jerman Berencana Investasi Kendaraan Listrik di RI

  • Share
Dua Perusahaan Asal Jerman Berencana Investasi Kendaraan Listrik di RI

Dmarket.co.id – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan ada dua perusahaan asal Jerman yang bakal berinvestasi di Indonesia. Kedua perusahaan itu adalah BASF dan Volkswagen.

Adapun, investasi tersebut berkaitan dengan sektor mobil listrik, terutama untuk komponen baterai listrik. Ia menuturkan, pembahasan investasi itu akan dilakukan segera.

“Hari ini juga saya akan menerima BASF dari Jerman, sama VW juga akan masuk, kita akan mendorong, kita pingin (mereka masuk),” jelas dia dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2022 secara daring, Kamis (21/4).

Kata dia, saat ini Indonesia terus memperkuat ekosistem industri kendaraan listrik di dalam negeri. Pasalnya, Indonesia sendiri merupakan pemilik 25 persen cadangan ore nikel di dunia.

Menurutnya, pengembangan ekosistem ini menunjukkan potensi besar. Mengingat bahwa pada tahun lalu, LG Energy Solution juga telah melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) pengembangan kendaraan listrik dengan nilai investasi USD 9,8 miliar atau sekitar Rp 142 triliun.

“Sekarang groundbreaking akan dilakukan di bulan Mei, sementara (pembangunan) smelter di Maluku Utara. Semua siap produksi pada 2025 sampai 2026,” ujarnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



#Dua #Perusahaan #Asal #Jerman #Berencana #Investasi #Kendaraan #Listrik

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *