RI Baru Bisa Keluar dari Middle Income Trap saat PDB 6 Persen

  • Share
RI Baru Bisa Keluar dari Middle Income Trap saat PDB 6 Persen

Dmarket.co.id – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menuturkan bahwa Indonesia perlu mencapai pertumbuhan ekonomi 6 persen untuk jangka menengah agar dapat keluar dari middle income trap atau jebakan pendapatan kelas menengah. Pemerintah memproyeksikan Produk Domestik Bruto (PDB) 6 persen tersebut dapat dicapai pada 2024.

Saat ini, pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini berkisar antara 5,1 sampai 5,2 persen. Kemudian, pada 2023 mencapai 5,3 hingga 5,9 persen.

“Idealnya kita di atas 6 persen, inilah cara kita keluar dari jebakan pendapatan di tingkat menengah,” jelas dia dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2022 secara daring, Kamis (21/4).

Kondisi saat ini, pertumbuhan ekonomi tertekan akibat pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020. Setelah adanya perbaikan, muncul pula perang antara Rusia dengan Ukraina yang membuat pemulihan ekonomi tak optimal.

Menurutnya, Indonesia perlu mengejar pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi untuk segera terbebas dari jebakan tersebut. Artinya, suatu negara tidak bisa hanya mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi stabil untuk naik kelas ke tingkat pendapatan baru sebagai negara berpenghasilan tinggi.

Berdasarkan World Economic Outlook International Monetary Fund (IMF), pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 diproyeksikan sebesar 5,4 persen dan pada 2023 menjadi 6 persen. Lalu, Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 sebesar 5,1 persen dan 2023 sebesar 5,3 persen.



#Baru #Bisa #Keluar #dari #Middle #Income #Trap #saat #PDB #Persen

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *