Target Realisasi Investasi 2023 Rp 1.400 Triliun, Bahlil Bilang Begini

  • Share
Target Realisasi Investasi 2023 Rp 1.400 Triliun, Bahlil Bilang Begini

Dmarket.co.id – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kementeriannya untuk memperoleh investasi sebesar Rp 1.400 triliun pada 2023.

Di sisi lain, Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) pada 2023 ditargetkan investasi mencapak Rp 1.099,8 triliun. Kata dia, RPJM tidak mengacu sepenuhnya untuk pencapaian investasi.

“Dalam target investasi kita, dalam RPJM, itu di 2023 itu Rp 1.099,8 triliun, tapi di 2022 aja Bappenas dan pak presiden memerintahkan kami Rp 1.200 triliun, bahkan 2023 itu menargetkan Rp 1.400 triliun. jadi betul-betul dipacu dalam mendorong investasi, tidak lagi menjadikan RPJM sebagai acuan,” jelas dia dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat 2022 secara daring, Kamis (21/4).

Dirinya pun menyampaikan strategi upaya untuk dapat mencapai hal tersebut, baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satunya adalah pemerintah sendiri yang menggarap investasi di atas Rp 1 triliun.

“Dengan pola investasi di atas Rp 1 triliun, sekarang kita memutuskan untuk perizinan itu kita yang handle, dengan mengacu pada hilirisasi, karena kalau kita meminta kepada teman-teman dunia usaha yang mengurus izin, tau lah birokrasi, hanya kepada tuhan yang tahu kapan izin orang keluar,” jelasnya.

Adapun, salah satu tantangan terkait realisasi investasi adalah tidak adanya konsistensi. Artinya, arahan yang diturunkan tidak selalu sesuai.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



#Target #Realisasi #Investasi #Triliun #Bahlil #Bilang #Begini

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.