Jangan Sedih, Masih Ada 8.703 Kuota Mudik Gratis, ini Cara Daftarnya

  • Share
Jangan Sedih, Masih Ada 8.703 Kuota Mudik Gratis, ini Cara Daftarnya

Dmarket.co.id – Kuota peserta mudik gratis yang diselenggarakan oleh Polda Metro Jaya masih tersisa untuk 8.703 orang. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, hingga saat ini, sudah ada sebanyak 11.297 warga yang mendaftarkan diri sebagai peserta mudik gratis Lebaran 2022.

“Kemudian untuk hari Jumat sudah terdaftar 9.791 penumpang sehingga totalnya 11.297 penumpang,” kata Sambodo di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Senin (25/4).

Sambodo merincikan, dari jumlah tersebut, sebanyak 731 penumpang mudik ke Jawa Barat, 7.353 penumpang menuju Jawa Tengah, 1.824 penumpang menuju Jawa Timur, dan 1.749 penumpang menuju Jogjakarta. Sehingga, tersisa 8.703 kursi bagi warga yang hendak mendaftarkan diri sebagai peserta mudik gratis Lebaran 2022.

Menurutnya, penyelenggaraan mudik gratis polri pada masa Lebaran tahun ini mendapatkan animo yang besar dari masyarakat yang datang dari seluruh penjuru wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Pihaknya menyiapkan sebanyak 400 armada bis untuk 21 kota tujuan yang terbagi dalam tiga hari mulai hari ini 25, 26 dan 29 April.

“Jadi, ada tiga pemberangkatan, hari ini, besok dan hari Jumat,” ucapnya.

Hari ini, Polri akan memberangkatkan sebanyak 540 penumpang dengan menggunakan 13 bus yaitu, Jawa Barat 1 bis, Jateng 7 bis, DIJ 2 bis, Jawa Timur 3 bis. Sementara sampai dengan data terakhir, untuk keberangkatan besok tercatat 926 penumpang.

“Untuk besok dan pendaftaran masih kita buka sampai nanti siang,” imbuhnya.

Ia berharap, dengan adanya mudik gratis ini dapat membantu masyarakat agar bisa berkumpul di kota tujuan bersama sanak keluarga dengan aman sehat. “Dan dengan ini citra Polri di masyarakat semakin meningkat, Polri semakin presisi melayani masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, cara mendaftar mudik gratis Lebaran 2022 ini dilakukan secara offline dengan mendatangi lokasi di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya. Untuk syarat pendaftaran, masyarakat harus membawa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Masyarakat yang telah mendaftar nantinya akan diberangkatkan dengan watktu yang berbeda-beda dari Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Terdapat empat provinsi tujuan pada program mudik gratis Lebaran tahun ini yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jogjakarta. Berikut kota tujuan mudik gratis yang diselenggarakan PMJ.

Jawa Barat

Jakarta – Cirebon
Jakarta – Kuningan
Jakarta – Garut
Jakarta – Tasikmalaya

Jawa Timur

Jakarta – Madiun
Jakarta – Surabaya
Jakarta – Lamongan
Jakarta – Jember
Jakarta – Kediri

Jawa Tengah

Jakarta – Brebes
Jakarta – Tegal
Jakarta – Pekalongan
Jakarta – Purwokerto
Jakarta – Kebumen
Jakarta – Purworejo
Jakarta – Pati
Jakarta – Solo
Jakarta – Semarang

Jogjakarta

Jakarta – Jogjakarta

Jakarta – Gunung Kidul
Jakarta – Sleman

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



#Jangan #Sedih #Masih #Ada #Kuota #Mudik #Gratis #ini #Cara #Daftarnya

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.