Menkeu Harapkan Platform Neraca Komoditas Tingkatkan Perekonomian

  • Share
Rupiah Terdepresiasi 0,33%, Lebih Baik Dibanding Malaysia-Thailand

Dmarket.co.id – Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2022 tentang Neraca Komoditas pada Februari lalu. Hal ini dilakukan untuk simplifikasi tata kelola perdagangan ekspor dan impor Indonesia.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini pihaknya berkolaborasi dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait. Kata dia, ini salah satu sistem database nasional yang berisi data serta informasi untuk bisa menggambarkan sisi produksi dan sisi konsumsi dari komoditas ekspor dan impor Indonesia.

Data dari neraca komoditas akan menjadi referensi tunggal bagi pemerintah dalam memberikan izin ekspor dan impor kepada para pelaku usaha. Neraca ini juga sebagai patokan untuk pelaku usaha dalam memperoleh kepastian bahan baku dan bahan penolong yang dibutuhkan.

“Neraca komoditas telah menerapkan tiga fungsi utama, yaitu penerbitan persetujuan impor, penerbitan persetujuan ekspor, sebagai acuan data produksi dan konsumsi serta acuan pengembangan industri nasional,” imbuh dia dalam Talkshow Neraca Komoditas, Senin (30/5).

Saat ini, implementasi neraca komoditas baru mencakup 5 komoditas penting, yaitu beras, gula, garam, daging lembu dan ikan. Komoditas tersebut sudah terstandardisasi di setiap kementerian dan lembaga terkait dengan neraca komoditas.

“Tidak perlu lagi ada rekomendasi teknis dari kementerian dan lembaga yang terkait dengan proses ekspor,impor, sehingga prosesnya lebih sederhana dan ini tentu mencegah terjadinya abuse atau penyalahgunaan kewenangan yang berpotensi menciptakan pelanggaran atau korupsi,” jelasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking



#Menkeu #Harapkan #Platform #Neraca #Komoditas #Tingkatkan #Perekonomian

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version