Penyebab dan Solusi untuk Atasi Permasalahan Keuangan Keluarga

  • Share
Jawapos TV

Dmarket.co.id – Pertengkaran antara pasangan suami istri kerap terjadi. Hal ini dialami karena berbagai faktor yang memicunya. Di antaranya masalah keuangan.

Menurut Certified Financial Planner Annisa Steviani, masalah keuangan yang dihadapi keluarga Indonesia, umumnya terjadi karena kurangnya literasi finansial.

“Sebenarnya wajar banget sih (kurang literasi finansial). Apalagi kalau generasi dulu nggak dapat ilmu pengetahuan tentang pengelolaan keuangan dari keluarga atau sekolah. Beda sama anak-anak zaman sekarang yang memang diajarin caranya belanja, caranya ngeluarin uang gimana,” ucap Annisa saat diskusi daring, Rabu (29/6) dikutip dari Antara.

Tak hanya itu, permasalahan keuangan yang sering dialami keluarga Indonesia, menurutnya adalah tidak dapat memperkirakan pengeluaran hingga tidak memiliki dana darurat atau asuransi.

“Kedua, sebenarnya nggak yakin penghasilan kita itu cukup atau nggak. Banyak orang yang bilang ‘aduh uangku pas-pasan’. Pas-nya itu se-pas apa? Tahu darimana? Seberapa detail kamu tahu kurangnya berapa lebihnya berapa? Nah kalau sudah yakin, baru bisa dicari solusinya,” katanya.

Terakhir adalah tidak adanya dana darurat atau asuransi.



#Penyebab #dan #Solusi #untuk #Atasi #Permasalahan #Keuangan #Keluarga

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.