Presdir CBC Ingatakan Krisis Sri Lanka Bisa Menular ke Indonesia

  • Share
Presdir CBC Ingatakan Krisis Sri Lanka Bisa Menular ke Indonesia

Dmarket.co.id – Presiden Direktur Centre for Banking Crisis (CBC), A Deni Daruri mengingatkan soal krisis yang terjadi di Sri Lanka berpotensi menjalar ke Indonesia. Karena itu tim ekonomi yang dipercaya Presiden Jokowi, harus bekerja keras dan ekstra hati-hati.

“Kondisi saat ini, membuat para menteri tidak bisa santai. Semuanya harus kerja keras dan cerdas,” kata Deni dalam keterangan tertulisnya pada Dmarket.co.id, Rabu (29/6).

Namun, Deni mengaku pesimistis dengan kinerja tim ekonomi. Karena di dalamnya terlalu banyak politikus, sehingga lebih mencerminkan bagi-bagi kursi, ketimbang profesionalitas. Sementara tantangannya cukup beresiko.

Deni juga menuturkan, upaya membangun perekonomian yang kuat diperlukan orang yang tepat. Artinya, profesionalisme dalam birokrasi menjadi wajib hukumnya. Karena itu, Indonesia perlu kembali ke paham the right man on the right job.

“Ini kan masalahnya adalah masalah ekonomi maka perbanyak menteri yang paham ekonomi. Caranya sederhana, menjadikan PhD economics lulusan Ivy League atau universitas non-Ivy yang memiliki kaliber yang sama seperti MIT, Berkeley, Davis, dan Stanford,” imbuh Deni.

Jika prinsip the right man on the right job dijalankan Presiden Jokowi, kata deni, maka menteri bidang ekonomi bukanlah burung beo yang mengikuti suara negara lain. Contohnya: Bank Sentral Jepang terus menerapkan quantitative easing, sementara bank sentral negara lainnya semakin mengetatkan sektor moneter.



#Presdir #CBC #Ingatakan #Krisis #Sri #Lanka #Bisa #Menular #Indonesia

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.