6 Tips Belanja Cerdas dan Hemat Menggunakan Paylater

  • Share
6 Tips Belanja Cerdas dan Hemat Menggunakan Paylater

Dmarket.co.id – Belanja online sudah menjadi kebutuhan untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Aktivitas yang satu ini bahkan semakin populer selama masa pandemi belakangan ini. Ada banyak fasilitas yang hadir untuk memudahkan transaksi belanja online, salah satunya adalah paylater. Fasilitas pembayaran yang satu ini memungkinkan Anda membeli produk/ jasa dengan pembayaran di kemudian hari.

Saat ini, hampir semua platform belanja online menyediakan fitur paylater pada sistem pembayaran mereka. Hal ini akan memudahkan, tetapi sekaligus bisa menjadi tantangan tersendiri dalam berbelanja. Bisa jadi, Anda membeli lebih banyak barang dan menimbulkan banyak tagihan di kemudian hari. Penting untuk selalu memiliki kontrol yang baik dalam menggunakan paylater, agar fasilitas pembayaran ini tidak sampai menimbulkan masalah keuangan.

Berikut ini adalah beberapa tips belanja cerdas dan hemat menggunakan paylater yang dapat Anda terapkan.

● Prioritaskan kebutuhan terpenting
Menggunakan layanan Paylater tentu akan memberikan manfaat maksimal, jika Anda gunakan dengan bijak untuk memenuhi kebutuhan. Pastikan hanya kebutuhan penting saja yang akan dibeli menggunakan fasilitas pembayaran ini. Hindari menggunakan paylater untuk berbagai kebutuhan yang hanya bersifat pemborosan dan tidak penting.

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah membuat daftar belanja terlebih dahulu. Tentukan apa saja yang paling penting dan benar-benar harus dipenuhi dengan baik. Misalnya, berbagai kebutuhan pokok, produk pembersih dan juga perawatan kulit, makanan hewan peliharaan, dan yang lainnya. Fokuslah untuk membeli berbagai kebutuhan terpenting ini dan batasi atau hindari kebutuhan lainnya yang tidak begitu penting.

● Manfaatkan momen khusus
Sama halnya dengan belanja offline, belanja online juga memiliki momen khusus untuk bisa mendapatkan penawaran harga terbaik. Lebaran, Natal dan juga tahun baru adalah beberapa momen khusus yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan banyak diskon ketika belanja. Selain ketiga momen tersebut, tanggal cantik setiap bulannya dan juga harbolnas termasuk di dalamnya.

Manfaatkan momen khusus di atas untuk membeli berbagai kebutuhan dengan harga yang lebih murah. Pada umumnya, e-commerce akan memberikan banyak penawaran menarik dan diskon yang bisa membuat Anda menghemat banyak uang ketika belanja. Jika perlu, tunda rencana belanja beberapa waktu untuk menikmati momen khusus tersebut.

● Beli dalam jumlah banyak sekaligus
Ada banyak produk yang seringkali dibutuhkan dalam jumlah yang besar secara rutin. Sebut saja beras, perlengkapan mandi dan yang lainnya. Berbagai produk ini biasanya akan dibeli secara berkala, baik itu mingguan maupun bulanan sekaligus. Namun, jika ingin menghemat, membeli produk rutin ini dalam jumlah yang besar akan jauh lebih bijak.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



#Tips #Belanja #Cerdas #dan #Hemat #Menggunakan #Paylater

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.