Menperin Pastikan Industri Kimia Dapat Gas USD 6 per MMBTU

  • Share
Menperin Bangga Sektor Manufaktur Lampaui Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Dmarket.co.id – Peluang pengembangan industri kimia di tanah air sangat terbuka lebar. Besarnya pasar di dalam negeri untuk bahan dan barang kimia memungkinkan bagi investor luar negeri untuk mengembangkan usahanya di Indonesia.

Pada rangkaian kunjungan kerjanya ke Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan perusahaan-perusahaan kimia terbesar di Negeri Sakura. Yakni, AGC Inc, Mitsubishi Chemical Group (MCG), dan KAO Chemical. Tiga perusahaan itu telah eksis dan berkembang di Indonesia selama bertahun-tahun.

“Kami mengharapkan perusahaan-perusahaan kimia asal Jepang di Indonesia dapat memaksimalkan utilitasnya dan meningkatkan daya saing agar dapat memperluas pasar ekspor,” ujar Agus Rabu (29/6).

CEO AGC Inc Yoshinori Hirai menyampaikan, permintaan dukungan untuk ketersediaan bahan baku garam industri saat ini sudah masuk ke neraca komoditas. “Pengamanan pasokan dan harga untuk bahan baku serta energi. Khususnya gas alam. Yang kita butuhkan,” ucapnya.

Menperin menyatakan bahwa Indonesia telah menetapkan harga gas sebesar USD 6/mmbtu (million metric British thermal unit) bagi tujuh industri tertentu. Termasuk sektor petrokimia dan industri kaca. Sejak 2020, perusahaan AGC Inc di Indonesia, yakni PT Asahimas Chemical dan PT Asahimas Flat Glass, telah menerima harga gas yang telah ditetapkan.

“Dengan dukungan tersebut, kami harap PT Asahimas Chemical dapat mengoptimalkan pemanfaatan produksi dan meningkatkan daya saing. Sehingga dapat memperluas pasar ekspornya sehingga terus berkontribusi positif pada neraca perdagangan Indonesia,” ujarnya.



#Menperin #Pastikan #Industri #Kimia #Dapat #Gas #USD #MMBTU

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.