Pemda Dipersilakan Realokasi APBD-nya untuk Penanganan PMK

  • Share
Pemda Dipersilakan Realokasi APBD-nya untuk Penanganan PMK

Dmarket.co.id – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni menyampaikan, pemerintah daerah (Pemda) bisa melakukan pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak milik warga, untuk mencegah dampak buruk ekonomi. Penanganan tersebut bisa dilakukan melalui pergeseran anggaran dari pos anggaran belanja tidak terduga dalam rangka penanganan wabah PMK.

“Dalam keadaan darurat Pemda dapat melakukan pengeluaran yang belum tersedia anggarannya, termasuk belanja untuk keperluan mendesak yang kriterianya ditetapkan dalam Peraturan Daerah tentang APBD yang bersangkutan,” kata Fatoni dalam keterangannya, Minggu (3/7).

Fatoni menjelaskan, kriteria pengeluaran untuk keadaan darurat dapat dilakukan untuk keperluan bencana alam, bencana nonalam, bencana sosial dan/atau kejadian luar biasa. Sedangkan kriteria keperluan mendesak seperti pengeluaran daerah yang berada diluar kendali pemerintah daerah dan tidak dapat diprediksikan sebelumnya.

Serta amanat peraturan perundang-undangan atau pengeluaran daerah lainnya yang apabila ditunda akan menimbulkan kerugian yang lebih besar bagi Pemda dan masyarakat, sebagaimana tertuang dalam Pasal 69 ayat (2) PP 12/2019.

“Dalam rangka pengendalian dan penanggulangan wabah PMK, kepala daerah selaku pemegang kekuasaan pengelolaan keuangan daerah dapat mengalokasikan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada program, kegiatan, sub kegiatan, pada perangkat daerah terkait sesuai dengan tugas dan fungsi,” ucap Fatoni.

Berkaitan dengan itu, lanjut Fatoni, jika dana untuk pengendalian dan penanggulangan PMK di APBD belum ada atau tidak cukup tersedia, maka dapat dianggarkan dengan melakukan mekanisme pergeseran anggaran dari BTT kepada program tersebut atau melakukan pembebanan anggaran BTT sesuai dengan status dan kondisi masing-masing daerah.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan



#Pemda #Dipersilakan #Realokasi #APBDnya #untuk #Penanganan #PMK

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version