Indonesia Negara Muslim Besar, Mengapa BSI Repot-repot ke UEA?

  • Share
BSI Serius Garap Pusat Keuangan Syariah di Dubai

Dmarket.co.id – Membuka representative office PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), merupakan salah satu upaya menjadi top 10 bank syariah terbesar di dunia pada 2025. Terlebih, Timur Tengah menjadi kawasan strategis bagi pengembangan bisnis keuangan syariah.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi menuturkan, kawasan itu menawarkan potensi bisnis yang sangat besar dan potensial. Di antaranya, haji dan umrah. Mengingat, Indonesia menjadi penyumbang terbesar jemaah haji di Arab Saudi.

Dari sisi perdagangan (bilateral trade), Indonesia memiliki volume perdagangan yang signifikan dengan Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Teluk alias Gulf Cooperation Council (GCC). Khususnya Arab Saudi dan UEA yang mencapai USD 6,87 miliar atau setara Rp 96 triliun pada 2020.

“Pemerintah telah menerbitkan global sovereign sukuk di Nasdaq Dubai. Sebanyak 30 persen investor berasal dari kawasan Timur Tengah,” ujarnya akhir pekan lalu.

Selain itu, kawasan tersebut saat ini menggalakkan proyek pembangunan dengan visi beyond oil development. Jadi, semakin banyak negara di Timur Tengah, khususnya GCC, yang mulai melakukan diversifikasi pembangunan dari oil-based revenue dengan non-oil-based revenue. Khususnya dari aspek jasa dan akan semakin investment friendly.

“UEA adalah pusat keuangan Islam. Beberapa perdagangan bilateral memiliki volume yang sangat signifikan. Yakni, letter of credit dan trade finance antara Indonesia dan negara kawasan GCC,” jelasnya.



#Indonesia #Negara #Muslim #Besar #Mengapa #BSI #Repotrepot #UEA

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.